BANDARA UDARA BEROPERASI SAAT PELAKSANAAN MTQ

id BANDARA UDARA BEROPERASI SAAT PELAKSANAAN MTQ

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar memastikan Bandara Pusako Anak Nagari bisa beroperasi saat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Provinsi Sumbar ke-35 pada 24 November.

"Saat MTQ Bandara sudah bisa beroperasi dan melayani tamu dari luar, kata Bupati Kabupaten Pasaman Barat, H Baharuddin R melalui Kepala Bagian Humas, Mujiman di Simpang Ampek.

Dia mengatakan, pihaknya telah mengadaklan rapat evalusi pembangunan pembangunan bandara itu bersama pihak Kementrian Perhubungan.

Dalam rapat itu, katanya untuk pembangunan fisik landasan runway, jalan dan sarana fisik lainnya akan diselesaikan dan tinggal finishing saja.

"Untuk jangka pendek targetnya Bandara ini bisa beroperasi saat pelaksanaan MTQ untuk mempermudah transportasi menuju Pasaman Barat,"ujar dia.

Saat ini pihaknya sedang mengurus izin pemakaian bandara ke Kementrian Perhubungan melalui Dinas Perhunungan Pasaman Barat..

"Mudah-mudahan dengan waktu yang pendek ini izinnya bisa keluar dan bandara bisa digunakan saat pelaksaan MTQ tingkat Sumbar ini,"harap dia.

Lebih jauh dia katakan sat ini panjang runway sudah mencapai 1.000 meter. Berada pada ketinggian 40 meter dari permukaan laut. Berjarak sekitar 110 kilometer dari Bandara International Minangkabau (BIM) arah 150 derajat.

Arah baratnya berjarak sekitar 16 kilometer dari laut dan arah timur berjarak sekitar 70 kilometer dari gunung. Arah bentangan 245 derajat.

"Jika dari BIM bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menitlah,"jelasnya. ***Altas Maulana***