Agam Dapat Bantuan Mobil ATI dari KKP

id Agam Dapat Bantuan Mobil ATI dari KKP

Lubukbasung, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Agam mendapatkan bantuan satu unit mobil Alih Teknologi dan Informasi (ATI) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) pada 2014.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam Ermanto di Lubukbasung, Selasa, mengatakan penyerahan mobil ATI ini akan dilakukan di Yogyakarta pada Rabu (10/9).

"Mobil ATI dengan harga sekitar Rp350 juta ini langsung saya terima di Yogyakarta. Mobil ini nantinya diserahkan kepada Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Agam," katanya.

Pada 2014, kata dia, KKP RI memberikan bantuan sebanyak 32 unit mobil ATI kepada kabupaten dan kota se-Indonesia. Khusus Sumbar, hanya dua kabupaten yang mendapatkan bantuan mobil itu yakni Kabupaten Agam dan Kabupaten Solok.

Ia menambahkan, penyerahan bantuan mobil ini bertujuan agar kabupaten dan kota dapat mengkampanyekan gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan), sehingga kosumsi makan ikan akan meningkat.

"Forikan Kabupaten Agam bisa memanfaatkan mobil ini untuk melakukan sosialisasi seperti pengolahan ikan dan memberikan informasi jenis ikan apa saja yang bisa dikosumsi," katanya.

Selama ini, DKP dan Forikan Kabupaten Agam telah melakukan berbagai upaya untuk mensosialisasikan Gemarikan seperti mengadakan lomba masak serba ikan antar Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kecamatan se-Kabupaten Agam dan melakukan sosialisasi Gemarikan ke Sekolah Dasar (SD).

Tingkat kosumsi ikan di daerah itu baru 24 kilogram perkapita per tahun. Tingkat kosumsi di kabupaten ini, katanya, lebih rendah dari Provinsi Sumbar dengan jumlah 32 kilogram perkapita per tahun.

Sementara untuk nasional sekitar 35 kilogram perkapita per tahun. "Ikan merupakan sumber protein hewani yang mengandung gizi terutama Omega 3 yang dapat mencerdaskan otak manusia," katanya. (*/ari)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar