Unand Gelar Turnamen Antarkampus, Memasyarakatkan Sepak Bola

Pewarta : id Sepak Bola

Ilustrasi.

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumbar, berupaya memasyarakatkan sepak bola dengan menggelar kejuaraan antarkampus se-kota Padang pada 11 hingga 15 November 2017.

"Prestasi sepakbola di Sumbar sedang menurun, diharapkan pertandingan antara mahasiswa ini bisa memperkuat animo sepak bola," kata Ketua Penyelenggara Turnamen sepak bola antar mahasiswa se-Padang, Rido Fatoni di Padang, Senin (13/11).

Menurutnya kejuaraan yang dihelat saat ini bertujuan untuk mengingatkan sekaligus mengenalkan sepak bola lebih dekat kepada masyarakat khususnya mahasiswa.

Meski telah terkenal di dunia, namun animo masyarakat di Sumbar pada sepakbola masih minim.

Diharapkan gelaran kompetisi di Unand dan kampus lainnya bisa menggugah masyarakat untuk ikut membangun persepak bolaan di Sumbar khususnya di kampus.

"Bagi Unand, menggelar kejuaraan sepak bola bukan hal baru namun sudah enam tahun absen dalam melaksanakannya," tanbahnya.

Absen dikarenakan tidak adanya izin dari kampus dan pihak keamanan menyusul terjadinya bentrok antar suporter pada liga Unand.

Artinya Unand menggelar kejuaraan ini terakhir pada 2011 dan diujicobakan kembali saat ini.

"Bila sukses dapat menunjang gelaran sepak bola tingkat regional bahkan nasional," ujarnya.

Tujuan lain untuk menyatukan pemikiran antara peserta yang terdiri atas sembilan kampus dalam memajukan sepak bola.

Unand, UNP, Politeknik, ITP dan UPI memiliki potensi pesepak bola andal, tentu ajang ini juga untuk menyaring atlet potensial.

Sementara itu Kepala Bagian Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Rasydi Sumetry menilai upaya memasyarakatkan olahraga di Sumbar harus dilakukan semua pihak.

Dalam hal ini keterlibatan masyarakat amat penting untuk menopang prestasi olahragawan.

Sebab bila hanya mengandalkan pemerintah, hasilnya tidak maksimal khususnya dalam pembiayaan dana. (*)
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar