178 Tiang Listrik di Pesisir Selatan Dipindahkan Akibat Pelebaran Jalinsum

id pemindahan tiang listrik

178 Tiang Listrik di Pesisir Selatan Dipindahkan Akibat Pelebaran Jalinsum

Pemindahan tiang listrik. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memindahkan sebanyak 178 dari 1.200 tiang listrik jaringan tegangan menengah akibat pelebaran Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Padang-Bengkulu, ruas Painan-Kambang.

"Dari pengecekan yang kami lakukan bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum Sumatera Barat, ternyata ke 178 tiang tersebut berada di daerah milik jalan sehingga harus dipindahkan agar tidak mengganggu pelebaran jalan," kata Manajer PLN Rayon Painan, Mulawarman di Painan, Senin.

Kendati demikian pihaknya berupaya meminimalkan gangguan pasokan listrik ke pelanggan selama proses pemindahan.

"Hal tersebut telah kami koordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum Sumatera Barat agar pemindahan tiang listrik bisa dilakukan bersamaan," katanya lagi.

Ia menambahkan dari 178 tiang tersebut di antaranya merupakan tiang yang terbuat dari besi dan ada juga dari beton.

Penanganan kedua tiang selama masa pemindahan berbeda, jika besi bisa langsung dipindahkan, namun jika beton terpaksa harus ganti baru karena akan hancur selama masa pemindahan.

"Bagaimanapun teknisnya yang pasti kami berupaya meminimalkan gangguan pasokan listrik, apakah nanti dikerjakan pada hari libur atau lainnya," ujarnya.

Proses pelebaran Jalinsum Padang-Bengkulu, ruas Painan-Kambang dikerjakan oleh Perusahaan KSO Yasa-Conbloc selama 630 hari kalender dengan nomor kontrak 03-06/14-WINRIP-AWP III/CE/A/8043/3-16.

Sebelumnya akibat pengerjaan jalan pada pekan kedua Oktober 2017, dua unit tiang listrik rubuh, namun berkat kerja sama kontraktor dengan PT PLN tiang tersebut bisa dengan cepat didirikan. (*)