Kesulitan Cari Destinasi di Pesisir Selatan? Manfaatkan Celok

id celok

Kesulitan Cari Destinasi di Pesisir Selatan? Manfaatkan Celok

Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meluncurkan aplikasi cek lokasi atau "celok". (ANTARA SUMBAR/Dokumen Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meluncurkan aplikasi cek lokasi atau "celok" untuk memudahkan wisatawan mengecek berbagai destinasi wisata di daerah itu.

"Dengan 'celok' wisatawan dapat dengan mudah mengetahui lokasi objek wisata tanpa takut salah alamat," katanya ketika meluncurkan aplikasi tersebut di Painan, Senin.

Aplikasi "celok" tidak hanya memuat destinasi wisata namun juga terdapat beberapa fitur seperti informasi gempa bumi, siaran Salam Pessel Maju (SPM) TV, kantor pos dan SPBU.

Selanjutnya, minimarket, kantor polisi, pasar, restoran atau rumah makan, ambulans, pemadam kebakaran, tempat ibadah, ATM, hotel, angkutan dan bantuan.

Aplikasi tersebut dapat diunduh pada telepon genggam yang berbasis telepon pintar dan melalui aplikasi tersebut maka seluruh informasi di Pesisir Selatan bisa diakses dalam satu sentuhan saja.

"Jika pada saat berwisata ternyata wisatawan kehabisan uang, maka bisa langsung mengecek keberadaan ATM melalui "celok", begitu juga jika kemalaman sampai di Pesisir Selatan wisatawan bisa dengan mudah mengetahui lokasi hotel untuk bermalam," katanya lagi.

Peluncuran aplikasi dilakukan untuk memudahkan wisatawan ketika berkunjung ke daerah itu sehingga tidak ada perasaan kecewa dan lain sebagainya.

"Beberapa objek wisata di Pesisir Selatan seperti Kawasan Mandeh dan Pantai Carocok Painan sudah mulai populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk itu semua lokasi penunjang kepariwisataan seperti hotel, ATM, restoran dan lainnya harus bisa diketahui dengan cepat oleh wisatawan," ujarnya.

Selain itu karena objek wisata di daerah itu tersebar bahkan ada di 15 kecamatan seperti di Kecamatan Koto XI Tarusan ada Kawasan Mandeh, Bayang Utara ada Jembatan Akar, IV Jurai ada Pantai Carocok Painan dan lain sebagainya maka aplikasi "celok" akan cukup membantu wisatawan. (*)