Calon Haji Bawa Barang yang Dilarang, Disita

id KOPER HAJI

Calon Haji Bawa Barang yang Dilarang, Disita

Sejumlah calon haji mengantarkan koper ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Jumat (4/8). Selanjutnya 272 koper calon haji akan diangkut menuju Embarkasi di Kota Padang siang ini sekitar pukul 14.00 WIB. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Sebanyak 272 koper calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat sekitar pukul 14.00 WIB diangkut menuju embarkasi Padang.

"Yang diangkut hanya koper besar, sedangkan tas tenteng dan tas paspor dibawa oleh masing-masing calon jamaah haji," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Suhardi di Pulau Punjung, Jumat.

Ia mengatakan koper calon haji sengaja diangkut dua hari sebelum keberangkatan menuju Tanah Suci, mengingat barang bawaan jamaah yang di dalam koper terlebih dahulu dimuat ke dalam pesawat sebelum proses keberangkatan.

Pihaknya juga telah menyampaikan dan mengingatkan calon jamaah agar membawa perlengkapan dan barang-barang sesuai kebutuhan dan ketentuan yang telah dianjurkan, lanjutnya.

"Mungkin nanti akan diperiksa dulu, jika ditemukan barang bawaan calon jamaah yang dilarang, maka mohon maaf terpaksa harus ditinggalkan," ujarnya.

Calon haji asal Dharmasraya berjumlah 272 akan dilepas secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berangkat menuju embarkasi di Padang pada Minggu (6/8), kata dia.

Ia menjelaskan saat di Embarkasi Padang jamaah akan mengikuti pemeriksaan kesehatan, pembagian gelang haji dan biaya hidup, pembagian paspor sebelum berangkat ke Madinah pada Senin (5/8) pukul 14.00 WIB.

Ia mengimbau keluarga calon haji asal daerah itu tidak mengatar keberangkatan jamaah hingga Embarkasi Padang.

"Kenapa, pertama demi keselamatan keluarga karena jarak Dharmasraya-Padang membutuhkan waktu tempuh sekitar lima jam, kemudian kalaupun alasan dapat bertemu di Padang itu sudah tidak seperti dulu lagi," ujarnya.

Menurutnya panitia keberangkatan haji 2017 saat ini sudah memperketat dan melarang keluarga atau pun calon jamaah untuk dapat bertemu ketika telah memasuki Embarkasi Padang.

Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal berpesan agar jamaah memperhatikan kesehatan karena kondisi cuaca di Tanah Suci yang jauh berbeda dengan di daerah asal. (*)