Asa Etnica akan Jadi Pembuka Kaba Festival

id Kaba Festival 4

Asa Etnica akan Jadi Pembuka Kaba Festival

Kaba Festival 4. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) -Kelompok musik tradisi dan kontemporer asal Padangpanjang, Asa Etnica akan menjadi pembuka dalam rangkaian acara Kaba Festival 4 yang akan digelar pada 2 hingga 5 Agustus 2017 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Komposer Asa Etnica, Bustanul Arifin saat dikonfirmasi di Padang, Jumat, mengatakan pada penampilan nanti pihaknya akan menampilkan karya yang berjudul Ba Kaba.

"Ba Kaba merupakan sebuah usaha eksplorasi dari vokal tradisi atau dendang yang diberi warna bunyi musik kontemporer yang berangkat dari dendang tradisi Raun Sabalik," katanya.

Ia menyebutkan Dendang Raun Sabalik merupakan dendang yang cukup populer di Minangkabau. Dendang ini berbeda dengan dendang-dendang kebanyakan di Minangkabau yang mengedepankan unsur ratapan.

Raun Sabalik lebih mengutamakan unsur parodi, baik itu dari segi warna nadanya yang memakai instrumen rabab, maupun dari warna lirik dendangnya yang lucu.

"Keunikan dendang inilah yang dibawa ke ranah musik kontemporer," ujarnya.

Ia menambahkan untuk menampilkan karya ini pihaknya sudah melalui proses latihan hampir satu tahun dan siap untuk ditampilkan pada hari Rabu, 02 Agustus 2017 di Taman Budaya Sumatera Barat.

Sementara itu Direktur Kaba Festival, Angga Djamar menyebutkan Kaba Festival 4 merupakan kelanjutan dari Kaba Festival 3 yang digelar tahun lalu dan akan melibat seniman dari dalam dan luar negeri.

Ia menambahkan selain pementasan dari seluruh peserta nantinya juga akan dibarengi dengan whorkshop seni pertunjukan bagi para pelajar.

"Selain pertunjukan, pada tahun ini juga akan ada workshop seni pertunjukan untuk para pelajar yang akan diberikan oleh Delphine Mei & Artist Dadadaiii dari Taiwan," katanya. (*)