Disparpora: Pengunjung Objek Wisata Puluhan Ribu Orang Perhari

id danau maninjau

Disparpora: Pengunjung Objek Wisata Puluhan Ribu Orang Perhari

Seorang wisatawan lokal memperhatikan keindahan Danau Maninjau dari Puncak lawang Park di daerah, Jorong Kapalo Ilalang, Nagari Lawang, Kecamatan Matua, Kabupaten Agam, Sumbar. (FOTO ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan rata-rata jumlah kunjungan ke objek wisata daerah itu mencapai 35.000 orang per hari selama libur Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Ini berdasarkan laporan dari pegawai Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam di setiap objek wisata," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, Syatria di Lubukbasung, Minggu.

Ia mengatakan ke 35.000 orang ini mengunjungi Objek Wisata Bandar Mutiara, Pantai Tiku, Lembah Segar, Loebas Wisata, Muko-muko, Air Terjun Dama Gadang, Museum Buya Hamka.

Kemudian Ambun Tanai, 13 Nan Basa, Lawang Park, Puncak Lawang, Lereng Singgalang, Sungai Tanang, Tarusan, Janjang Koto Gadang, Sungai Janiah dan lainnya.

"Objek wisata sekitar Danau Maninjau dan Pantai Tiku ramai di kunjungi selama libur Lebaran ini," tambahnya.

Ia menambahkan kunjungan ini mulai meningkat H+1 Lebaran atau Senin (26/6) sampai Minggu (2/7).

Mereka ini berasal dari kabupaten dan kota di Sumbar, para perantau dan wisatawan dari provinsi tetangga.

"Data kunjungan ini masih sementara karena pihaknya akan menghimpun seluruh kunjungan tersebut setelah libur Lebaran," katanya.

Diperkirakan, jumlah kunjungan ini akan meningkat dari target sekitar 92.615 orang selama libur lebaran.

Pada libur Lebaran, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam membentuk tim dengan anggota 40 orang untuk mengawasi 20 objek wisata dan menghimpun keluhan para pengunjung selama libur Lebaran.

Pengawasan mulai dari tarif parkir yang dikenakan petugas, harga makanan oleh pedagang agar tidak terlalu tinggi, tindakan pemalakan, dan pelayanan petugas di objek wisata.

Apabila ada keluhan maka akan ditindaklanjuti ke pengelola objek wisata.

"Kita juga memasang selebaran dan ada nomor pengaduan jika ada keluhan dari pengunjung selama berada di objek wisata bisa menghubungi nomor 081267727344 dan 08126722469," katanya. (*)