Pemkab Agam tingkatkan gotong royong bersihkan Danau Maninjau

id Pemkab Agam,Berita agam,Berita sumbar,Danau maninjau agam

Pemkab Agam tingkatkan gotong royong bersihkan Danau Maninjau

Gotong royong membersihkan enceng gondok di Danau Maninjau. Dok Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat kerahkan sejumlah pegawai melakukan gotong royong dalam membersihkan Danau Maninjau dari enceng gondok untuk mengurangi pencemaran danau vulkanik tersebut, Rabu (8/11).

Kepala Bidang Pemulihan dan Konservasi Sumber Daya Alam Dinas Lingkungan Hidup Agam, Zul Efendi di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan gotong royong melibatkan ratusan pegawai dari Satpol PP Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dan Dinas Pertanian.

"Lokasi gotong royong di Jorong Pauah Taruko, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya," katanya.

Ia mengatakan, gotong royong itu menyikapi antusiasme masyarakat dalam membersihkan danau dari enceng gondok dan limbah lainnya.

Gotong royong itu merupakan yang ke empat kalinya pada 2023 dan gotong royong itu merupakan agenda tahunan.

"Setiap tahun empat sampai lima kali gotong royong dilakukan di Danau Maninjau, sehingga dapat mengurangi pencemaran di danau," katanya.

Ia menambahkan, gotong royong ini diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup bersama OPD terkait yang didukung oleh pihak Kecamatan Tanjung Raya, Satgas, pemerintah nagari dan masyarakat setempat.

Eceng gondok yang dikeluarkan bakal dikumpulkan satu tempat dan nantinya dapat dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Enceng gondok itu diolah kelompok UMKM untuk kerajinan tangan berupa tas, dompet, tempat tisu dan lainnya.

"Kelompok telah memproduksi kerajinan tangan dan permintaan cukup banyak, sehingga dapat meningkatkan pendapat anggotanya," katanya.