PMI Pasaman Barat Dirikan Pos Pertolongan Pertama

id PMI

PMI Pasaman Barat Dirikan Pos Pertolongan Pertama

Palang Merah Indonesia (PMI). ( Antara)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mendirikan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan menugaskan lima relawan setiap hari mulai 21 Juni hingga 2 Juli berkenaan dengan libur panjang Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pos siaga ini didirikan sesuai surat edaran PMI pusat dan PMI provins, kata Ketua PMI Pasaman Barat Yunisra, didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Sumber Daya Rida Warsa, di Simpang Empat, Sabtu.

Pos tersebut didrikan di jalur lintas Simpang Empat-Manggopoh tepatnya di Batang Toman Simpang Empat, dilengkapi dengan lima relawan setiap hari, satu ambulans, satu mobil bak terbuka, dua motor, dan peralatan radio komunikasi.

"Kita siap memberikan pelayanan maksimal kepada pemudik dan masyarakat umumnya selama Lebaran," katanya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Sumber Daya, Rida Warsa menambahkan bahw PMI juga mendirikan pos pelayanan pertolongan pertama dan menyediakan ambulans di objek wisata.

Pihaknya mendirikan pos di Pantai Sasak, Pantai Air Bangis, Waterboom HIC Padang Tujuh dengan menurunkan masing-masing empat orang relawan terlatih lengkap dengan peralatan dan kendaraan operasional.

"Ketiga lokasi itu merupakan objek wisata vital di Pasaman Barat dan menjadi tujuan masyarakat selama libur Lebaran," ujarnya.

Ia menambahkan pada pos pelayanan jalur mudik PMI juga menyediakan layanan tambahan seperti layanan relawan donor darah on call untuk masyarakat yang membutuhkan darah dan layanan restiran area bagi pemudik yang ingin beristirahat sejenak.

"Selain didukung penuh oleh Pemkab Pasaman Barat, PMI juga dukung oleh BFI Finance, Dealer Honda Hayati dan Dealer mobil Auto 2000," jelasnya.

Ia berharap dengan kehadiran PMI saat lebaran maka masyarakat yang membutuhkan pertolongan pertama dan butuh darah akan bisa terbantu. (*)