PMI Pasaman Barat siagakan relawan dukung layanan panggilan darurat

id PMI siagakan relawan dukung layanan darurat

PMI Pasaman Barat siagakan relawan dukung layanan panggilan darurat

Pemkab Pasaman Barat saat mengelar rapat koordinasi dengan lintas terkait persiapan peluncuran layanan siaga panggilan darurat bencana 112 pada 25 Februari nanti. ANTARA/HO-Diskominfo Pasaman Barat ​​​​​​​

Simpang Empat,- (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, menyiagakan sebanyak 10 relawan terlatih di bidang pertolongan pertama untuk mendukung program layanan call centre 112 milik pemerintah setempat.

"Para relawan itu akan difokuskan untuk memberikan layanan ambulans gratis, ambulans jenazah gratis dan tim pertolongan pertama," kata Kepala Markas PMI Pasaman Barat, Rida Warsa, di Simpang Empat, Jumat.

Menurut dia, sebagai mitra dalam layanan kemanusiaan, PMI Pasaman Barat siap untuk mendukung pemerintah dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Ia mengatakan, selain menugaskan relawan yang berpusat di markas PMI setempat, pihaknya juga sudah menyiagakan dua unit ambulans dan satu unit mobil berkabin ganda lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan.

Adanya layanan darurat yang terpusat itu tentu membutuhkan penyesuaian cepat agar operasi kemanusiaan yang masuk dalam layanan utama call centre 112 itu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

"Semua itu tentu tidak terlepas dari pembinaan serta koordinasi pihak terkait dengan PMI yang muaranya adalah bagaimana kapasitas layanan yang diberikan tetap prima dan hasilnya maksimal dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Wakil Bupati Pasaman Barat Rismawanto mengatakan layanan panggilan darurat siaga 112 untuk meningkatkan pelayanan publik dan percepatan pertolongan kepada masyarakat yang mengalami kondisi darurat.

Layanan siaga panggilan darurat 112 ini ditujukan untuk kondisi seperti bencana kebakaran, banjir, kecelakaan, bencana alam dan lainnya.

Pasaman Barat terdiri atas 11 kecamatan dan 90 nagari (desa) dengan 441.773 jiwa. Maka layanan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memberikan informasi mengenai bencana yang terjadi.

"Semakin cepat kita memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat tentu dapat meminimalkan dampaknya. Layanan darurat ini sangat dibutuhkan seluruh masyarakat," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PMI Pasaman Barat siagakan relawan dukung layanan panggilan darurat