Malam Takbiran Bukittinggi Dipusatkan di Jam Gadang

id Ramlan Nurmatias

Malam Takbiran Bukittinggi Dipusatkan di Jam Gadang

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias. (Antara)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Malam takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, akan dipusatkan di pelataran objek wisata Jam Gadang.

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias di Bukittinggi, Kamis, mengatakan rangkaian acara malam takbiran akan sejak siang seusai waktu shalat zuhur pada 24 Juni 2017.

Ia menyebutkan kegiatan akan diisi oleh penampilan dari ISI Padang Panjang dan Sanggar Tari Gastarana asal daerah setempat serta mengundang anak yatim dan panti asuhan.

"Saat malam takbiran akan ada penyerahan santunan bagi anak yatim dan panti asuhan. Hingga hari ini kami masih kumpulkan sumbangan baik berupa uang atau barang dari perusahaan yang ada di daerah," katanya.

Menurutnya hal itu dilakukan agar semua warga berbahagia menyambut hari raya.

"Menyambut Idul Fitri, semua harus berbahagia. Selain santunan yang disiapkan di malam takbiran, sebelumnya melalui pemerintah dan melalui Baznas kami sudah salurkan bantuan bagi warga yang berhak menerima," ujarnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Linda Faroza menambahkan dengan pemusatan malam takbiran di pelataran Jam Gadang, berarti tidak ada pawai keliling yang dapat berakibat kemacetan lalu lintas maupun sampah yang berserakan di jalanan.

"Kegiatan bernama Bukittinggi Bertakbir ini sudah masuk dalam kalender wisata Bukittinggi tahun 2017. Kami harap masyarakat ikut serta memeriahkannya," ujarnya.

Ia menerangkan Bukittinggi bertakbir akan diisi penampilan lagu dan musik religi serta menabuh bedug sambil bertakbir.

"Karena dipusatkan di satu titik, dan diharapkan diikuti oleh masyarakat dan tamu yang sedang menginap, suasana religi benar-benar terasa serta menjadi sarana berbagi bersama anak-anak panti asuhan," katanya. (*)