Festival Rabab Pesisir Selatan "Pecahkan" Rekor MURI

id Rebab

Festival Rabab Pesisir Selatan "Pecahkan" Rekor MURI

Ilustrasi (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Festival Rabab sebagai rangkaian Festival Pesona Mandeh 4-7 Mei 2017 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, "memecahkan" Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) tentang jumlah seniman terbanyak yang memainkan alat musik tersebut.

"Sekitar 150 seniman memainkan rabab, jumlah itu sekaligus memecahkan MURI kelas dunia," kepala Dinas Pariwisata, Pemuda fan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan pada penutup Festival Pesona Mandeh di Painan, Minggu.

Ia menyebutkan "pemecahan" tersebut berlangsung pada Sabtu (6/5) malam, "pemecahan" selain untuk mempopulerkan alat musik khas daerah itu, sekaligus juga untuk meningkatkan daya tarik pengunjung.

Bahkan yang tidak kalah penting kegiatan itu juga ditujukan melestarikan kebudayaan terutama menyangkut alat musik.

"Rabab di Pesisir Selatan lambat laun mulai tergantikan oleh alat musik moderen namun kami mencoba melestarikannya melalui kegiatan ini," ujarnya.

Festival Pesona Mandeh dibuka oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata RI Raseno Arya dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan mulai dari Festival Rakyat dan Festival Bahari.

Festival Rakyat dimeriahkan dengan lomba memasak yang akan diramaikan oleh masyarakat di Kecamatan Koto XI Tarusan, kesenian tradisional, hingga acara hiburan oleh artis ibu kota.

Seterusnya Festival Bahari dimeriahkan dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba foto bawah laut, perahu hias dan juga berlayar di Kawasan Mandeh.

Anggota DPRD setempat, Marwan Anas mendorong Festival Pesona Mandeh tidak hanya kegiatan seremonial belaka namun kemeriahannya mampu memacu instansi terkait bekerja keras mendongkrak kepariwisataan Pesisir Selatan. (*)