Senin, 21 Agustus 2017 - 29 Zulqaidah 1438 H

Pesisir Selatan Menargetkan Seluruh Sekolah UNBK 2019

Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Antara)
Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menargetkan seluruh sekolah di daerah itu menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer pada 2019.

"Saat ini hanya terdapat empat sekolah yang menyelenggarakan UNBK di antaranya SMKN 1 Painan, SMKN 1 Ranah Pesisir, SMAN 3 Painan, dan SMPN 1 Painan," kata Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Erizon di Painan, Jumat.

Ia mengatakan menjelang tahun 2019 kabupaten setempat tidak hanya fokus pada perbaikan mutu pendidikan namun sejalan dengan melengkapi sarana dan prasarana penunjang.

Menurutnya, pelaksanaan UNBK jauh lebih baik ketimbang ujian berbasis pensil dan kertas selain bisa meminimalkan kebocoran soal, sekaligus mengasah keterampilan pelajar mengakses komputer.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Nuzirwan mengatakan khusus pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Painan pihaknya telah berkoordinasi dengan PT PLN rayon setempat agar berupaya memastikan tidak terjadi permasalahan kelistrikan selama kegiatan.

"Sementara persiapan lainnya telah dimatangkan mulai dari perangkat komputer, jaringan hingga kesiapan pelajar," ujarnya.

Ia menambahkan total pelajar yang mengikuti ujian nasional di daerah itu tingkat SMP sederajat berjumlah 9.082 orang yang berasal dari 73 SMP dan 20 madrasah tsanawiyah (MTs) negeri dan swasta.

Menurutnya, kendala utama yang mengakibatkan sedikitnya sekolah yang menyelenggarakan UNBK adalah ketersediaan perangkat komputer.

Bahkan SMPN 1 Painan dan SMKN 1 Painan harus bekerja sama mencukupi perangkat komputer pada sekolahnya masing-masing dengan saling meminjamkan. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga