Unand Siapkan Mahasiswa Berprestasi Kemenristekdikti

id Unand

Unand Siapkan Mahasiswa Berprestasi Kemenristekdikti

Ilustrasi, gerbang kampus Unand. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat tengah menyiapkan mahasiswa berprestasi yang akan diikutsertakan dalam kompetisi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Mei 2017.

"Sebanyak 12 mahasiswa pilihan sedang berkompetisi mendapat satu tempat untuk mewakili kampus di tingkat nasional," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unand, Prof Hermansah di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan beberapa indikator yang dijadikan kompetisi untuk mahasiswa berprestasi nasional tersebut yakni keunggulan dalam kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Dalam hal ini, tambahnya 12 mahasiswa yang telah terjaring dari lima belas fakultas di Unand akan dilihat prestasinya mulai dari nilai akademik, kemampuan Bahasa Inggris, kepribadian baik dan hasil karya tulis ilmiah.

Penilaian karya tulis ilmiah ini, ujarnya menjadi salah satu penilaian prioritas karena mencerminkan kemampuan melakukan orasi ilmiah, menguasai persoalan dan menemukan solusinya serta terampil menulis.

"Prestasi non akademik seperti di bidang kebudayaan, olahraga atau wirausaha juga menjadi penilaian," ujarnya.

Bagi kampus, sebut dia ajang mahasiswa berprestasi ini sebagai motivasi untuk meningkatkan kemampuan individu mahasiswa lainnya.

Disamping itu juga untuk menegaskan status Unand sebagai salah satu kampus yang bisa mencetak sumber daya unggulan.

Sementara itu Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X Prof Herri mengatakan mahasiswa berprestasi dapat menjadi cerminan majunya suatu kampus.

Dia berharap kampus swasta bisa melakukan hal tersebut sehingga pemerataan pendidikan tinggi lebih cepat.

Disamping penguatan kualitas lulusan mahasiswa yang menunjang pembangunan ke depan. (*)