Pulau Sironjong Ketek Kian Ramai Dikunjungi Wisatawan

id Pulau Sironjong Ketek

Pulau Sironjong Ketek Kian Ramai Dikunjungi Wisatawan

Pulau Sironjong Ketek di Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan ramai dikunjungi wisatawan setelah dipasang tangga untuk terjun ke air. (Foto: Mukhlisun/Antara Sumbar)

Painan, (Antara Sumbar) - Pulau Sironjong Ketek di Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, kian ramai dikunjungi wisatawan karena batu besar di pantainya telah dilengkapi tangga.

Pemandu Kapal Wisata, Armen di Painan, Senin mengatakan, biasanya dalam seminggu hanya mengantar dua atau tiga rombongan, tetapi semenjak batu tinggi besar di Pulau Sironjong Ketek dilengkapi tangga, hampir setiap hari ada saja rombongan yang minta diantarkan ke sana.

Ia mengatakan, sebelumnya wisatawan yang berkunjung hanya sebatas beradu nyali dengan melompat dari bebatuan setinggi lebih kurang 25 meter ke laut.

Namun, semenjak bebatuan dilengkapi tangga, sebagian wisatawan memanfaatkan tangga tersebut untuk naik dan menikmati panorama kawasan Mandeh dari ketinggian.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan mengatakan, pembuatan tangga tersebut merupakan pelayanan pemerintah kabupaten dalam memanjakan wisatawan.

"Mudah-mudahan hal tersebut sejalan dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan dan juga semakin memopulerkan kawasan ini ke kalangan wisatawan," ujarnya.

Ia menambahkan, tangga tersebut mulai dikerjakan pada pertengahan Desember 2016 dan akhir Desember 2016 bisa dimanfaatkan oleh wisatawan.

Tangga di bebatuan Pulau Sironjong Ketek bisa dijangkau dengan menyewa kapal wisata bertarif Rp650 ribu dengan kapasitas 13 penumpang.

Sebelum tangga tersebut dibangun wisatawan yang ingin beradu nyali terlebih dahulu harus menaiki bebatuan dengan seutas tali dan selanjutnya melompat.

Keseruan melompat dari bebatuan dilokasi itu juga pernah dirasakan Putri Indonesia 2005 Nadine Chandrawinata. (*)