Pusat ASEAN-Tiongkok Sampaikan Terima Kasih Kepada Media

id ASEAN

Beijing, (Antara Sumbar) - Pusat ASEAN-Tiongkok (ASEAN-China Center/ACC) menyampaikan terima kasih kepada media, baik dari negara anggota ASEAN maupun Tiongkok, yang telah mendukung peran ACC mempererat hubungan ASEAN dan Tiongkok.

Media memiliki peran penting untuk memberikan saling pemahaman yang tepat, guna meningkatkan hubungan ASEAN dan Tiongkok, kata Direktur Divisi Informasi dan Kehumasan Pusat ASEAN-Tiongkok (ASEAN-China Center/ACC), Vithit Powattanasuk.

Berbicara dalam makan malam bersama menyongsong tahun 2017, di Beijing, Jumat (16/12), ia mengatakan sejak lima tahun silam didirikan, ACC telah banyak berperan mempererat hubungan ASEAN dan Tiongkok, di bidang kebudayaan, pendidikan, pariwisata, perdagangan serta investasi.

"Namun semua itu tidak akan berarti tanpa dukungan media, baik dari setiap negara ASEAN maupun media Tiongkok. Media memiliki peran penting untuk mewartakan apa itu ACC dan perannya bagi peningkatan hubungan ASEAN dan Tiongkok," tutur Vithit Powattanasuk.

Ia mengemukakan ACC berperan untuk meningkatkan pengetahuan publik baik di ASEAN maupun Tiongkok tentang kedua pihak.

Vithit Powattanasuk mencontohkan,"Kantor Berita ANTARA, sebagai perwakilan media Indonesia dan media negara ASEAN di Tiongkok, berperan memberikan pengetahuan tentang ACC dan perannya kepada masyarakat Indonesia dan masyarakat ASEAN lainnya. Begitu pun media Tiongkok kepada masyarakat di Tiongkok".

Terkait peran media, lanjut dia, ACC juga rutin mengundang media ASEAN untuk mengunjungi salah satu daerah di Tiongkok secara bergiliran, dan media Tiongkok untuk mengunjugi salah satu negara ASEAN.

Pada 2016 ACC mengundang media negara ASEAN untuk mengunjungi Yunnan dan Jiangsu, sebaliknya media Tiongkok mengunjungi Kamboja serta Vietnam.

"Untuk 2017 kami berencana mengundang media Tiongkok untuk mengunjungi Filipina yang akan menjadi Ketua ASEAN, dan salah satu negara ASEAN lainnya. Kami berharap ini menjadi hal yang menarik, apalagi tahun depan adalah tahun kerja sama pariwisata ASEAN-Tiongkok," ungkap Vithit Powattanasuk.

Kepada Antara ia mengatakan selain Filipina, pihaknya akan mengundang media Tiongkok ke Indonesia. "Mungkin awal April. Kami berencana mengajak media Tiongkok ke Jakarta dan Bandung (Jawa Barat)," ungkapnya.

Vithit Powattanasuk berharap pada 2017 kerja sama ACC dan media, baik dari ASEAN maupun Tiongkok, akan semakin erat dan kokoh. "ACC baru berusia lima tahun, masih butuh untuk berkembang lebih baik agar dapat memberikan yang terbaik bagi hubungan ASEAN dan Tiongkok," demikian Vithit Powattanasuk.

ACC terbentuk berdasarkan MoU yang ditandatangani oleh negara-negara anggota ASEAN dan Tiongkok. ACC merupakan organisasi antar pemerintah, "one-stop information", sekaligus pusat kegiatan untuk mendorong kerja sama ASEAN-Tiongkok dalam bidang perdagangan, investasi, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata.

Kantor pusat ACC berlokasi di Beijing, dan rencananya akan dibangun sejumlah cabang di negara-negara anggota ASEAN dan beberapa lokasi lainnya di Tiongkok. (*)