Kamis, 25 Mei 2017 - 29 Sya'ban 1438 H

Ketua MPR Dukung IAIN Padang Menjadi UIN

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mendukung penuh upaya peningkatan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

"IAIN harus mempersiapkan diri, ada persyaratan yang harus dipenuhi, saya sudah sampaikan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) agar IAIN nantinya bisa segera menjadi UIN," kata dia dalam kunjungan ke IAIN Imam Bonjol kampus Lubuk Lintah di Padang, Jumat.

Ia menyarankan melalui Rektor IAIN Imam Bonjol agar berbenah dan mempersiapkan sarana prasarananya dengan baik, segala sesuatu yang diperlukan dalam proses peralihan IAIN menjadi UIN harus segera disiapkan.

"Semua yang menjadi bahan penilaian harus siap, oleh karena itu pihak IAIN harus benar-benar berbenah," ujar dia.

Sementara itu Rektor IAIN Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirwan berharap institusi yang dipimpinnya dapat segera menjadi UIN secepatnya, oleh karena itu ia telah mempersiapkan segala hal yang diperlukan dalam proses penilaian tersebut.

Ia menyebutkan IAIN Imam Bonjol Padang telah melahirkan tiga IAIN di Sumbar yaitu IAIN Bukittinggi, IAIN Batu Sangkar dan IAIN Padang Sidempuan di Sumatera Utara, semuanya adalah anak dari IAIN Imam Bonjol Padang.

"IAIN memiliki mahasiswa sebanyak 13 ribu orang sehingga sudah tidak memadai untuk kampus saat ini, sehingga membangun kampus di areal seluas 60 hektare, dan akan dibangun dengan bantuan Islamic Development Bank," sebutnya.

Ia menambahkan pembangunan kampus ini akan dilakukan pada 2017 atau 2018, sehingga dukungan dari bebagai pihak sangat diperlukan.

"Semoga IAIN dapat berbenah diri dan dapat merealisasikan diri dengan 'mambangkik batang tarandam'," harapnya.

Senada dengan itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno juga berharap agar IAIN Imam Bonjol Padang dapat segera menjadi UIN.

"Ini harapan kita semua, dan harapan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di IAIN Imam Bonjol Padang, semoga dapat segera terealisasi," ujar dia. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
    Pagi itu seharusnya Suril Dirman (59) bahagia karena bawang merah yang telah dipeliharanya dengan teliti selama dua ...
Baca Juga