IPSI Padang akan Gelar Galanggang Siliah Baganti

id IPSI, padang, Galanggang Siliah Baganti

Padang, (Antara Sumbar) - Ikatan Pencak Silat (IPSI) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), akan menggelar even Galanggang Siliah Baganti (GSB) pada 7 hingga 10 Agustus 2016 di Gelanggang Olah Raga (GOR) PT Semen Padang.

"Kegiatan itu nantinya akan diikuti oleh 60 perguruan silat tradisi dari berbagai aliran se-Kota Padang," kata Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Z Latif di Padang, Senin.

Peserta yang mengikuti kegiatan GSB itu ialah berusia sembilan hingga 16 tahun untuk kategori putra dan putri, 17 hingga 25 tahun untuk kategori berpasangan, 26 sampai 35 tahun untuk kategori putra. Selain itu nantinya juga ada kategori untuk peragaan berkelompok.

Ia menambahkan kegiatan GSB itu sebenarnya meupakan program rutin IPSI Kota Padang dalam melestarikan silat tradisi di daerah itu terutama untuk generasi muda.

Selain itu juga bertujuan mempererat silaturahim antar perguruan silat tradisi dan mengasah kemampuan antar perguruan untuk berlaga nantinya di tingkat provinsi.

"Kegiatan GSB tingkat Kota Padang juga untuk mendukung program Pemkot Padang di bidang pendidikan berkarakter serta menunjang program wisata budaya," ujarnya.

Sementara Ketua pelaksana GSB Kota Padang, Saparman menyebutkan, untuk kegiatan GSB pada awal Agustus 2016 itu, IPSI menyediakan beragam hadiah dengan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

Pemenang juga akan langsung menjadi perwakilan Kota Padang ke tingkat provinsi Sumbar, lanjutnya.

Hingga saat ini, ia menjelaskan sudah terdaftar sebanyak 30 dari 60 perguruan silat tradisional di Kota Padang dan ia berharap bagi yang belum mendaftar dapat menyegerakannya.

Ia mengatakan, untuk mendaftarkan para atlet tersebut bisa dilakukan ke sekretariat IPSI di Gor H Agus Salim Padang.

Sementara untuk persiapan awal dengan pertemuan para peserta dilaksanakan pada 5 Agustus di sekretariat Palito Nyalo di Koto Panjang, Limau Manih, Padang. (*)