Warga Harapkan Sail Komodo Beri Kemajuan Padang

id Sail Komodo 2016

Warga Harapkan Sail Komodo Beri Kemajuan Padang

Sejumlah kapal perang berlabuh menjelang pembukaan Komodo 2016 di Perairan Teluk Bayur, Padang, Sumbar, Senin (11/4). Komodo 2016 merupakan latihan gabungan Angkatan Laut dari 36 negara yang diselenggarakan pada 12-16 April 2016 dan dijadwalkan akan dibuka Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Padang, (AntaraSumbar) - Sejumlah warga di Padang mengharapkan Sail Komodo yang berlangsung mulai 12 April 2016 dapat memberikan kemajuan untuk kota pasca perhelatan kegiatan tersebut.

"Kedatangan banyak warga asing dalam acara Komodo itu diharapkan membawa gairah kemajuan bagi kota Padang," kata salah satu tokoh masyarakat di Lubuk Kilangan Padang, Nenden (58) di Padang, Senin.

Menurutnya kedatangan banyak warga luar negeri tersebut menjadikan pemerintah kota harus memunculkan segala potensinya.

Potensi tersebut, kata dia, bukan semata dalam bentuk pariwisata atau kuliner namun juga kegiatan dan sikap sosial ekonomi kemasyarakatannya.

Artinya setelah kegiatan ini ada peluang masyarakat Padang dilirik berbagai investor untuk menanamkan investasinya, tambahnya.

Misalnya ada investor yang membutuhkan pasokan ikan di Padang, makanan atau adopsi budaya ke luar negeri.

Dengan begitu, sebutnya tingkat perekonomian masyarakat akan meningkat sehingga secara sosial bisa menjamin kesejahteraan warga.

"Bila dampaknya demikian, kegiatan semacam itu benar memiliki manfaat bagi masyarakat dan dikatakan sukses," katanya.

Warga lain, Darmawi Ibrahim juga berharap kegiatan Sail Komodo bisa bermanfaat dalam promosi Padang secara sosial, ekonomi, budaya.

Meskipun begitu, ujarnya pihak pemerintah kota harus mewaspadai masuknya beberapa hal yang negatif seperti narkoba.

Sebab, tambahnya, kadang kala ada saja yang menumpang dan tidak disadari masuk dan justru memberikan keresahan.

Untuk itu meski ini pelatihan tingkat internasional oleh angkatan bersenjata, kesiapan keamanan dalam negeri tetap harus diutamakan, ujarnya.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah memiliki pandangan yang sama.

Menurutnya tujuan pengadaan beberapa kegiatan yang menyemarakkan Sail Komodo juga bagian dari upaya pemkot untuk memajukan kota.

Kegiatan ini sebetulnya hanya pelatihan angkatan perang laut namun sangat berpotensi jadi promosi wisata Sumbar, khususnya Padang.

"Momen inilah yang diambil pemkot untuk memperkenalkan budaya dan wisata ke dunia luar," sebutnya. (*)