Dispora Sumbar: Kabupaten/Kota Adakan Olahraga Tradisional

id Olahraga Tradisional, Sumbar

Padang, (AntaraSumbar) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau kabupaten/kota untuk mengadakan ajang olahraga tradisional guna mempertahankan budaya lokal dan menarik wisatawan.

"Jenis olahraga tradisional ini tidak banyak lagi yang mengenal dan mempraktikannya namun setidaknya dengan diadakan 'event', olahraga tersebut bisa kembali bangkit," kata Kepala Dispora Sumbar Priadi Syukur di Padang, Senin.

Ia mengakui, selama ini olahraga tradisional minim mendapat dukungan dari pihak manapun. Untuk memfasilitasinya sehingga menjadi event dan turnamen.

Dikatakan, kendala dari itu semua yakni sumber pendanaan yang minim, sehingga event itu nyaris tidak dilaksanakan.

Priadi Syukur menyebutkan, saat ini ada lima yang tergolong olahraga tradisional, yakni Sepak Rago, Selaju Sampan, Silat Tradisional, Gasiang, dan Layang-layang. Menurutnya semua itu statusnya belum dibekukan oleh nasional masih murni khas Sumbar.

"Menyajikan tradisi budaya lokal dapat berpotensi mendatangkan waisatawan. Selain itu, juga dapat menanamkan nilai kecintaan terhadap permainan tradisional kepada masyarakat sekitar," katanya.

Ia mengharapkan, event-event olahraga tradisional tersebut dapat segera terlaksana dan jika perlu buat sebagai event tahunan. (*)