Calon Kepala Daerah Kirab di Istana Pra-Pelantikan

id Calon Kepala Daerah, Kirab, Istana Negara

Jakarta, (AntaraSumbar) - Sebanyak tujuh pasang calon gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada Serentak 2015 melakukan kirab dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka ke Istana Negara sebelum dilantik.

Sebanyak tujuh pasang kepala daerah didampingi pasangan mereka itu kirab dengan diiringi marching band Paspampres dari Istana Merdeka ke Istana Negara Jakarta, Jumat.

Pelantikan kemudian dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13-19 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk masa jabatan 2016-2021.

Mereka dilantik pada sekitar pukul 14.30 WIB bersamaan dengan pengucapan sumpah Anggota Komisi Yudisial (KY) Masa Jabatan Tahun 2015-2020 serta Keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Masa Jabatan Tahun 2016-2021 di Hadapan Presiden Republik Indonesia.

Tujuh pasang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih itu adalah sebagai berikut H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. dan Drs H. Rudy Resnawan (Kalimantan Selatan), H. Zumi Zola Zulkilfi, S.TP., MA. dan Dr H. Fachrori Umar, M. Hum.(Jambi), dan Prof Dr H. Irwan Prayitno, P.Si., M.Sc., dan Drs H. Nasrul Abit (Sumatera Barat).

Selanjutnya Olly Dondokambey, S.E. dan Drs Steven O.E Kandouw (Sulawesi Utara) dan Drs H. Muhammad Sani dan Dr Nurdin Basirun, S.Sos., M.Si. (Kepulauan Riau).

Kemudian Dr Ir Irianto Lambrie, M.M. dan H. Udin Hianggio (Kalimantan Utara) dan Dr H. Ridwan Mukti, M.H. dan Dr H. Rohidin Mersyah, M.M. (Bengkulu).

Setelah penandatanganan berita acara pengangkatan, Presiden Jokowi memberikan amanat Presiden.

"Rakyat di daerah pasti gembira menyambut saudara-saudara sebagai pemimpin baru dengan mandat baru," kata Presiden.

Ia berpesan agar gubernur dan wakil gubernur menjadi dwitunggal untuk mewujudkan janji-janji mereka, termasuk untuk akses terhadap air bersih, pendidikan, dan kesehatan.

"Ini saatnya kita melangkah untuk melanjutkan sejarah yang maha berat yaitu untuk mewujudkan janji-janji saudara," ujarnya. (*)