Kenya Konfirmasi 65 Orang Meninggal Akibat Wabah Kolera

id 65 Meninggal Akibat Kolera

Nairobi, (Antara/Xinhua-OANA) - Jumlah korban jiwa akibat wabah kolera di Kenya telah naik jadi 65, dan sedikitnya 2.324 kasus dilaporkan di seluruh negeri tersebut, kata pemerintah pada Selasa.

"Secara keseluruhan, 326 kasus baru dilaporkan dalam satu pekan belakangan. Ini adalah peningkatan dari pekan sebelumnya, saat 226 kasus baru dilaporkan," kata Sekretaris Kabinet Urusan Kesehatan James Macharia di dalam satu pernyataan yang dikeluarkan di Nairobi.

Ia mengatakan enam kematian baru dilaporkan di dalam satu pekan belakangan dan berjanji pemerintah akan meningkatkan pengawasan, kesadaran masyarakat dan ketentuan mengenai penggunaan bahan kimia pengolah air guna menghentikan penularang kolera.

Macharia menyatakan wabah tersebut, yang berawal dari Nairobi pada 26 Desember 2014, telah menyebar ke 11 dari 47 kabupaten di Kenya, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. Ia menambahkan musim panas yang berkepanjangan, praktek kesehatan yang buruk dan instalasi kesehatan yang tak memadai menambah parah penyebaran kolera.

Wabah koleras tersebut mulanya dilaporkan di Kenya Barat tapi belakangan menyebar ke Nairobi, wilayah tengah dan pantai negeri itu.

Macharia mengatakan puncak penularan kolera dan kematian dicatat pada April, setelah hujan lebat dan banjir. Kolera adalah penyakit diare akut yang bisa menewaskan orang dalam waktu beberapa jam jika tak diobati.

"Banjir besar yang terjadi dalam satu bulan belakangan mengakibatkan pencemaran lingkungan hidup. Praktek kesehatan yang buruk seperti buang hajat di tempat terbuka dan penjajaan makanan menambah parah wabah itu," katanya.

Kementerian Kesehatan Kenya pada Februari mengumumkan serangkaian tindakan untuk mengendalikan wabah kolera yang saat itu telah merenggut delapan nyawa di tiga kabupaten di Kenya Barat.

Direktur Layanan Medis di Kementerian Kesehatan Nicholas Muraguri mengerahkan personel teknis, obat dan bahan kimia pengolah air ke Kabupten yang terpengaruh oleh kolera, Migori, Teluk Homa dan Nairobi. (*)