Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Ibu Negara Kenalkan Batik ke Tamu Negara

Ilustrasi pekerja batik. (Antara)
Jakarta, (Antara) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo memperkenalkan kain batik dan kain khas Indonesia yang dipamerkan di Museum Tekstil yang terletak di Jakarta Pusat, Rabu.

Dikemas dalam acara yang diperuntukkan bagi istri-istri kepala negara yang hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di Jakarta, kunjungan ke Museum Tekstil tersebut berlangsung semarak dan menarik.

Hadir dalam acara tersebut istri Presiden Timor Leste Ny Taur Matan Ruak, istri Presiden Zimbabwe Ny Robert Mugabe, isteri Presiden Madagaskar Ny Hery Rajaonarimampianina, Mufidah Kalla, dan Veronica Tan.

Dimulai pukul 10.00 WIB rombongan tiba di Museum Tekstil dan diterima oleh Ibu Negara Iriana dan Mufidah Kalla. Masing-masing istri kepala negara tersebut menerima selendang batik yang dikalungkan oleh Irina dan Mufidah Kalla.

Rombongan kemudian berkeliling melihat koleksi Museum Tekstil yang memiliki ratusan jenis kain Nusantara dari mulai batik hingga kain tenun lainnya. Tak hanya melihat koleksi Museum, Ibu Negara dan Mufidah Kalla juga mengajak tamunya untuk melihat langsung proses pembuatan batik tulis. Ny Taur Matan Ruak dan Ny Robert Mugabe bahkan mencoba langsung bagaimana proses membatik.

Sebelum acara kunjungan berakhir, rombongan kemudian mengikuti jamuan minum teh dan berfoto bersama sebelum acara "spouse program" tersebut berakhir.

Ibu Negara Iriana dalam kesempatan itu mengenakan kebaya modern berupa kain batik perpaduan hitam dan cokelat dipadu dengan atasan berwarna merah jambu dan selendang batik yang senada dengan kain batik. Sementara Mufidah Kalla mengenakan baju kurung berwarna hijau tosca dipadu dengan kain songket. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga