Irak jadi negara terakhir yang lolos ke perempat final Piala Asia U-23

id Piala Asia U23 2024

Irak jadi negara terakhir yang lolos ke perempat final Piala Asia U-23

Gelandang Indonesia #08 Witan Sulaeman merayakan bersama beknya #12 Pratama Arhan setelah mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan Grup A Piala Asia AFC U23 melawan Yordania di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha pada Minggu (21/4/2024). (ANTARA/AFP/Karim Jaafar)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Irak U-23 menjadi negara terakhir yang memastikan diri lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Timnas Arab Saudi U-23 dengan skor 2-1 di Stadion Khalifa International, Al Rayyan, Selasa dini hari WIB.

Hasil ini membuat Irak menjadi juara Grup C Piala Asia U-23 2024 setelah mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan, unggul head to head dari Arab Saudi yang menjadi runner-up, demikian catatan AFC.

Irak selanjutnya akan menghadapi antara Uzbekistan atau Vietnam pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Jumat (26/4) pukul 21.00 WIB.

Sementara Arab Saudi yang berstatus runner-up Grup C akan menghadapi juara Grup D antara Uzbekistan atau Vietnam di Stadion Khalifa International, Al Rayyan, Sabtu (27/4) pukul 00.30 WIB.

Pada pertandingan ini Arab Saudi mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, akan tetapi Irak tak tinggal diam dan berusaha mengimbangi permainan The Green Falcons.

Meskipun jual beli serangan terus terjadi, gol baru tercipta pada waktu tambahan babak pertama ketika Irak mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat tendangan penalti Ali Jassim.

Masih dalam waktu tambahan babak pertama, Arab Saudi dapat menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Ahmed Al-Ghamdi. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Irak mencetak gol kemenangan di pertandingan pada menit 63 lewat tendangan Mustafa Saadoun yang tak dapat dibendung kiper Arab Saudi Mohammed Al Absi sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Pada sisa waktu babak kedua, jual beli serangan terus terjadi antara kedua tim dan Arab Saudi berupaya mencari gol penyeimbang, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-1 untuk kemenangan Irak tetap bertahan.

Sementara itu, Tajikistan mengakhiri perjalanan mereka pada Piala Asia U-23 2024 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Thailand di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Senin dini hari WIB.

Pada pertandingan ini kemenangan Tajikistan hadir berkat gol semata wayang yang dicetak oleh Manuchehr Safarov di waktu tambahan babak kedua.

Hasil tersebut membuat Tajikistan menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup C dengan torehan tiga poin dari tiga pertandingan, unggul head to head dengan Thailand yang berada di posisi juru kunci.

Berikut klasemen akhir Grup C Piala Asia U-23 2024:
No Negara Main SG Poin
1 Irak 3 1 6
2 Arab Saudi 3 6 6
3 Tajikistan 3 -3 3
4 Thailand 3 -4 3


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Irak jadi negara terakhir yang lolos ke perempat final Piala Asia U-23