Bupati Mentawai Resmikan Puskesmas Plus Siberut Utara

id Bupati Mentawai Resmikan Puskesmas Plus Siberut Utara

Puskesmas Plus di Dusun Tumeirang Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara, Mentawai.

Mentawai, (Antara) - Bupati Mentawai, Sumatera Barat Yudas Sabaggalet meresmikan Puskesmas Plus di Desa Muara Sikabaluan Siberut Utara, Mentawai, Jumat (21/2).

Bupati menyebutkan, untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan, Pemkab Mentawai melalui dinas terkait tengah mengembangkan empat Puskesmas Plus yaitu di Sikakap, Sipora Selatan, Siberut Utara dan Siberut Selatan.

Ia mengatakan, pengembangan pelayanan kesehatan melalui puskesmas plus itu perlu dilakukan karena merupakan kebutuhan dasar masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

Menurut dia, jauhnya jarak tempuh antar daerah dengan pusat pemerintahan di Mentawai yang membutuhkan waktu dan biaya besar, merupakan faktor utama yang menyebabkan harus meningkatkan pelayanan kesehatan, sehingga diperlukan terobosan seperti membentuk Puskesmas Plus.

Puskesmas Plus ini seperti puskesmas biasa, Cuma perbedaannya bangunannya lebih megah, dan juga didalamnya kita lengkapi dengan sarana medis yang memadai seperti layaknya rumah sakit, disini, akan kita tempatkan dokter specialis, dan tenaga medis lainnya, sehingga bagi masyarakat di kawasan Siberut Utara sini, tidaklah perlu ke rumah sakit di Tuapejat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, karena di puskesmas inipun sudah sama layanannya,katanya.

Selain dikembangkannya puskesmas plus, untuk peningkatan layanan kesehatan yang lebih baik, Pemkab Mentawai juga telah mengambil alih kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan melalui rumah sakit daerah di Tuapejat juga telah dijalin kerja sama dengan fakultas kedokteran Universitas Andalas Padang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta menempatkan para dokter specialis yang bertugas di Mentawai, dan bergilir setiap enam bulan sekali.

Puskesmas Plus yang dibangun diatas areal tanah seluas 1 hektare dan menempati tanah hibah milik suku Sikaraja itu, kata Yudas juga merupakan salah satu upaya dari Pemkab Mentawai untuk melakukan relokasi dan memancing masyarakat yang tinggal dekat dengan pesisir pantai agar mau berpindah ketempat tinggal di daerah yang lebih aman dari ancaman bencana gempa dan tsunami.

Kita relokasi pembangunan puskesmas ini ditempat yang lebih aman dan berada di ketinggian, dengan harapan masyarakat juga bersedia direlokasi di sekitar sini,ujar Yudas.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Warta Siritoitet menyebutkan, Puskesmas Plus yang dibangun di dusun Tumeirang Desa Muara Siberut Kecamatan Siberut Utara itu telah dilengkapi dengan ruang pasien rawat inap, ruang bersalin, ruang operasi dan juga sarana klinik gigi dan umum yang didanai melalui APBD Mentawai tahun 2013 sebesar Rp 1.616.201.500.

Meskipun terlihat megah, tapi masih banyak kekurangannya dari Puskesmas Plus ini, tapi kita akan upayakan adanya bantuan dari provinsi Sumbar atau dari masyarakat, aga Puskesmas Plus di Sikabaluan ini dapat berfungsi seperti harapan kita bersama,katanya. (dio)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar