Dukung Percepatan Pembangunan Perumahan, PT Semen Padang Raih Penghargaan dari Kementerian PUPR

id PT Semen Padang

Dukung Percepatan Pembangunan Perumahan, PT Semen Padang Raih Penghargaan dari Kementerian PUPR

Padang (ANTARA) - Dukung percepatan pembangunan perumahan melalui kolaborasi dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PT Semen Padang dianugerahi penghargaan oleh Kementerian PUPR.

Penghargaan itu diserahkan oleh Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto kepada manajemen PT Semen Padang diwakili Kepala Unit Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang Ilham Akbar pada acara Puncak Hari Habitat Dunia - Hari Kota Dunia (HHD - HKD) di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (12/10/2024).

Hadir pada acara itu Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, Sp.OG (K), Ph.D dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan pejabat di kementerian PUPR lainnya.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis mengaku bersyukur atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian PUPR kepada PT Semen Padang yang dalam dua tahun terakhir telah berkolaborasi dengan (BP2P) Sumatera III, untuk percepatan pembangunan perumahan di tiga provinsi, yakni Sumbar, Riau, dan Kepri.

Iskandar mengatakan PT Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Kolaborasi Pelaksanaan Bantuan Percepatan Pembangunan Perumahan dengan BP2P Sumatera III pada 24 Juni 2024.

"PKS ini merupakan yang kedua dilakukan. Sebelumnya pada Juni 2023 lalu, juga dilakukan penandatanganan PKS dengan BP2P Sumatera III tentang Percepatan Pemenuhan Rumah Layak Huni (RLH) Dalam Penanganan Kemiskinan Ekstrem melalui bantuan bahan material pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Riau, dan Kepulauan Riau (Kepri)," kata Iskandar.

Selama kerja sama dengan BP2P Sumatera III di tahun 2023, PT Semen Padang telah menyalurkan bantuan semen untuk percepatan pembangunan perumahaan melalui pemberian program BSPS. Untuk di Sumbar, bantuan tersebut disalurkan di Kota Padang. Ada 114 zak semen yang diberikan untuk 57 unit rumah di Kota Padang. Kemudian di Kepri, disalurkan di Kota Batam dengan jumlah 100 zak semen untuk 50 unit rumah. Sedangkan di Riau, bantuan tersebut disalurkan di Pekanbaru dengan jumlah semen sebanyak 100 zak untuk 50 unit rumah.

Selain di Pekanbaru, PT Semen Padang juga menyalurkan bantuan semen di Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Bantuan tersebut, juga sebagai upaya untuk percepatan pemenuhan rumah layak huni dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem.