PT Semen Padang luncurkan tim tanggap darurat untuk keselamatan pekerja

id Semen Padang, ert, tanggap darurat

PT Semen Padang luncurkan tim tanggap darurat untuk keselamatan pekerja

PT Semen Padang luncurkan tim tanggap darurat keselamatan kerja. (ANTARA/HO-SP)

Padang (ANTARA) - PT Semen Padang menunjukkan komitmennya terhadap keselamatan pekerja dengan meluncurkan Emergency Response Team (ERT) PT Semen Padang di Kawasan Pabrik Indarung VI pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Operasi PT Semen Padang Pri Gustari Akbar, Kepala Unit Safety, Health, and Environment (SHE) PT Semen Padang Asrining Sari, Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah 1 Sumbar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Mistar, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Robert Chandra, Kasi Sumber Daya Kantor SAR Padang Riza Fahlevi, Kasi Damkar Kota Padang Roni Putra dan Staf Pimpinan PT Semen Padang

Sebelum diluncurkan, ERT PT Semen Padang melakukan simulasi penyelamatan dalam kondisi darurat akibat bencana gempa di pabrik, yang mencakup skenario penanganan kebakaran dan evakuasi korban cedera akibat gempa.

Direktur Operasi PT Semen Padang Pri Gustari Akbar mengatakan, PT Semen Padang telah berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kualitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk seluruh orang yang berada di lingkungan PT Semen Padang.

Sebagai wujud dari komitmen itu, PT Semen Padang meluncurkan ERT PT Semen Padang yang berada di bawah pengelolaan Unit SHE PT Semen Padang.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan Emergency Response Team PT Semen Padang resmi dibentuk,” kata Pri, yang disambut tepuk tangan hadirin.

Pri berharap ERT dapat memberikan respon cepat dan tepat saat terjadi kecelakaan atau bencana, serta mencegah kerugian lebih besar.

Kepala Unit SHE PT Semen Padang Asrining Sari menjelaskan, bahwa ERT PT Semen Padang dibentuk untuk kesiapan menghadapi kondisi darurat, di luar petugas tanggap darurat yang sudah ada.

"Sehingga apabila terjadi kondisi darurat yang tentu saja tidak diharapkan itu akan terjadi, kita harus siap untuk menangani kondisi darurat tersebut agar penanganan itu menjadi lebih tepat dan cepat baik untuk korban maupun aset-aset yang ada di PT Semen Padang," ujarnya.

Asrining Sari melanjutkan, sebelum diresmikan hari ini, ERT PT Semen Padang telah melakukan persiapan sejak Agustus 2024. Seluruh anggota ERT PT Semen Padang telah melalui seleksi dan dibekali dengan berbagai pelatihan, seperti structural fire fighting, high angle rescue dan medical first responder.

"Kami berharap kegiatan ini bisa terus meningkatkan implementasi keselamatan dan kesehatan kerja di PT Semen Padang. Dan, perbaikan terus menerus sehingga siapapun yang berada di PT Semen Padang ini akan aman sehat dan selamat," kata dia.

Asrining Sari menyebutkan, tadi telah disaksikan secara bersama-sama, kegiatan Simulasi Tanggap Darurat oleh ERT PT Semen Padang yang juga melibatkan Tim Pemadam Kebakaran serat Tim Pengamanan PT Semen Padang.

Menurutnya, kegiatan simulasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan, yang bertujuan untuk menjadi bagian agar melatih kesiapan tim dalam menghadapi kondisi darurat akibat bencana sebagaimana lokasi kita ini adalah lokasi yang rawan gempa.

"Kemudian juga menghadapi kejadian darurat akibat resiko kerja, karena resiko kerja di PT Semen Padang ini sangat bervariasi tingkatnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumbar yang diwakili oleh Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah 1 Sumbar, Dinas Ketenenagakerjaan dan Transmigrasi Sumbar Mistar mengatakan, peluncuran ERT PT Semen Padang ini sesuai Undang-undang nomor 1 tahun 1970 dalam hal keselamatan kerja.

“Kami sangat bangga sekali dengan adanya tim ini, semoga dengan pembentukan tim ini, bisa meminimalisir kecelakaan kerja di PT Semen Padang,” ujarnya.

Senada dengan Mistar, Kepala Kantor SAR Padang yang diwakili oleh Kasi Sumber Daya Kantor SAR Padang Riza Fahlevi juga menyambut baik atas peluncuran ERT PT Semen Padang ini.

Ia juga menyampaikan, bahwa perkembang ERT PT Semen Padang di Sumbar saat ini secara kompetensi sudah jauh meningkat dari sebelum-sebelumnya.

“Harapan dari kami ERT PT Semen Padang kedepannya bisa meningkatkan keselamatan kepada karyawan-karyawan di internal. Dan, di eksternal bisa memberikan keselamatan kepada masyarakat,” katanya.

PT Semen Padang luncurkan tim tanggap darurat keselamatan kerja. (ANTARA/HO-SP)


Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang yang diwakili oleh Kasi Damkar Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Roni Saputra mengatakan, pihaknya juga menyambut baik atas diluncurkannya ERT PT Semen Padang.

“Tadi kita lihat ada juga simulasi pemadam kebakaran, diharapkan Damkar PT Semen Padang menjadi yang bisa melaksanakan pemadaman secara mandiri. Dalam simulasi ini kami lihat respon tim sangat bagus dan cepat, ke depan agar lebih ditingkatkan kemampuannya,” kata dia.*