Bioskop keliling hadir pada PKD 2024 di Taman Budaya Sumbar

id Taman Budaya, Bioskop keliling BPK, jangkau desa

Bioskop keliling hadir pada PKD 2024 di Taman Budaya Sumbar

Kepala Taman Budaya Sumatera Barat, Supriyadi berada di depan bioskop keliling saat digelarnya Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2024 di Taman Budaya Sumatera Barat, di Padang, Kamis (3/10/2024). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang (ANTARA) - Bioskop keliling hadir memberikan tontonan berkualitas secara gratis pada Pekan Kebudayaan (PKD) 2024 di Taman Budaya Sumatera Barat, Padang, mulai 2 - 6 Oktober 2024.

"Kami minta partisipasi dari Balai Pelestarian Kebudayaan, Balai Bahasa, PMI, Satpol PP, dan beberapa organisasi perangkat daerah untuk membantu pelaksanaan PKD ini, salah satu kontribusinya adalah bioskop keliling," kata Kasi Pameran dan Pergelaran UPTD Taman Budaya Sumbar, Vandrowis Darwis, di Padang, Kamis.

Vandrowis mengatakan, bioskop keliling dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah III Sumatera Barat itu mulai dimainkan pukul 19.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB atau sekitar durasi satu jam.

Bioskop keliling dengan konsep seperti layar tancap itu, kata Vandrowis, menampilkan film-film koleksi kebudayaan yang berkualitas untuk ditonton.

"Pengunjung yang datang melihat PKD bs ikut menyaksikan bioskop keliling, fIlmnya tiap hari berbeda, mereka punya film-film yang mengangkat kebudayaan Indonesia dan juga film-film nasional yang pernah tayang di bioskop," katanya.

Dengan hadirnya bioskop keliling, diharapkan semakin banyak orang mengetahui kegiatan BPK wilayah III terutama di bidang kebudayaan.

Bioskop keliling BPK adalah program yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah III Sumatera Barat untuk mengenalkan dan mempromosikan nilai-nilai kebudayaan melalui film.

Program ini awalnya digagas oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bioskop keliling BPK memiliki beberapa keunggulan, di antaranya dapat menjangkau desa-desa yang tidak memiliki bioskop, membawa hiburan visual kepada masyarakat luas. (*)