Prokopim Sawahlunto perkuat kapasitas dan kompetensi jajaran untuk fasilitasi kegiatan pimpinan

id Prokopim Sawahlunto

Prokopim Sawahlunto perkuat kapasitas dan kompetensi jajaran untuk fasilitasi kegiatan pimpinan

Kabag Prokopim Sawahlunto Susilo Hadi Maryanto menyampaikan arahan pada jajaran dalam sebuah rapat staf, baru-baru ini. (Antarasumbar/HO-Dokumentasi Prokopim)

Sawahlunto (ANTARA) - Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdako Sawahlunto, Sumatera Barat memperkuat kapasitas dan kompetensi jajarannya melalui bimbingan teknis (bimtek), sosialisasi dan menerbitkan buku Standar Operasi Prosedur (SOP).

Kepala Bagian Prokopim Setdako Sawahlunto Susilo Hadi Maryanto, di Sawahlunto, Rabu menyampaikan berbagai upaya itu dilaksanakan selain untuk jajaran internal juga berkoordinasi dengan pihak eksternal.

"Maksudnya pada jajaran internal yakni terhadap personel protokoler, pembawa acara/MC, tenaga dokumentasi pimpinan serta staf terkait lainnya. Sementara untuk koordinasi eksternal yakni kita sosialisasikan seperti apa SOP dan tahapan fasilitasi pelayanan kegiatan pimpinan kepada perangkat daerah lain sehingga terjadi sinkronisasi atau kesamaan pandangan dalam suatu kegiatan," ujar dia merinci.

Ia menyebut dengan penguatan kapasitas dan kompetensi SDM tersebut sebagai bagian dari strategi dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja jajaran Prokopim.

Dengan jajaran Prokopim yang berkompeten maka diharapkan pelayanan pada fasilitasi dan pendampingan kegiatan/agenda pimpinan juga berjalan lebih baik.

"Adanya bimtek, sosialisasi, buku panduan dan lain-lain ini, maka SDM Prokopim bisa memperkuat referensi dan relasi," kata dia.

Salah seorang tenaga protokoler di Bagian Prokopim Sawahlunto Ivo Bahagia menyebut bimtek dan buku panduan tersebut sangat efektif membantu peningkatan kinerja.

"Dengan lebih jelasnya referensi yang diperoleh dari mengikuti bimtek dan membaca buku panduan, kami sekarang lebih bersemangat dan lebih cepat dalam bergerak mendampingi serta melayani kegiatan pimpinan," kata dia.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyampaikan apresiasi pada upaya yang dilakukan Bagian Prokopim untuk peningkatan kualitas kinerja tersebut.

"Kita menilai tim Prokopim bertumbuh dengan baik, bisa mengatasi tantangan kinerja dengan menjalankan berbagai solusi sehingga target/pencapaian bisa lebih baik," kata dia.

Ia berharap Bagian Prokopim bisa terus solid dan mampu berkreasi dalam mempertahankan serta meningkatkan mutu kinerja.

"Prokopim punya peran yang cukup strategis baik secara langsung atau pun tidak langsung dalam memastikan lancar dan suksesnya suatu acara/kegiatan pimpinan. Karena itu memang Prokopim dituntut bisa terus berinovasi meningkatkan kinerja," katanya. (Yudha Ahada)