Pasangan AWR-MW gratiskan seluruh biaya berobat warga

id Andri Warman-Martias Wanto

Pasangan AWR-MW gratiskan seluruh biaya berobat warga

Bakal Calon Wakil Bupati Agam Martias Wanto. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Agam, Sumatera Barat atas nama Andri Warman-Martias Wanto bakal mengratiskan seluruh biaya berobat bagi warga daerah itu apabila terpilih memimpin kabupaten tersebut pada Pilkada 2024.

"Apabila kami diamanahkan memimpin Agam lima tahun kedepan, kami bakal mengratiskan biaya berobat warga," kata Bakal Calon Wakil Bupati Agam Martias Wanto saat silaturahmi dengan wartawan di Lubuk Basung, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya juga memberikan subsidi uang komite bagi siswa SMA dan SMK di daerah itu selain program unggulan lainnya untuk memimpin Agam lima tahun kedepan.

Biaya berobat dan uang komite tersebut dicover atau ditutupi oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Program biaya berobat dan memberikan subsidi uang komite tersebut dalam rangka menekan biaya pengeluaran dari masyarakat setempat.

"Program ini bukan wacana, tetapi telah dilaksanakan di Kota Bukittinggi saat saya menjadi Sekretaris Daerah setempat," katanya.

Ia menambahkan kondisi keuangan di seluruh kabupaten maupun kota terdampak COVID-19 akibat refocusing dan penundaan anggaran sesuai kebijakan pemerintah pusat, sehingga berdampak terhadap program pemerintah dan ekonomi masyarakat.

Ditambah anggaran untuk pelaksanaan Pilkada dan Agam dilanda bencana alam berupa banjir lahar dingin dan banjir bandang, sehingga keuangan daerah menjadi sulit.

Namun kedepan pihaknya berusaha untuk menarik dana dari pusat untuk menjalankan program kerja dalam membangun Agam.

Apalagi mereka diusung oleh PAN, Gerindra, Golkar dan PBB yang terganbung pada Koalisi Indonesia Maju.

Dengan kondisi itu, lebih gampang untuk mengusulkan dan menarik dana di pusat nantinya.

"Presiden terpilih Prabowo Subianto berkomitmen tetap memprioritaskan Sumbar," katanya.