Bupati: Agam miliki banyak sumber daya bisa dikembangkan

id Bupati Agam Andri Warman

Bupati: Agam miliki banyak sumber daya bisa dikembangkan

Bupati Agam Andri Warman. Dok Antara/Yusrizal

Lubuk Basung (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat Andri Warman mengatakan kabupaten itu salah satu daerah dengan iklim investasi yang sangat kondusif di Sumatera Barat, serta memiliki banyak sumber daya untuk dikembangkan.

"Potensi sumber daya alam di Agam cukup banyak yang bisa dikembangkan deni meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Bupati Agam Andri Warman di Lubuk Basung, Jumat.

Ia mengatakan sumber daya alam itu seperti sektor pariwisata, pertanian perkebunan, perikanan, pendidikan, industri serta jasa lainnya yang dapat digarap dan bernilai jual tinggi.

Apabila potensi itu tergarap, maka dampaknya sangat besar bagi masyarakat, baik segi perekonomian, penyerapan tenaga kerja maupun pendapatan daerah lebih baik.

Untuk mewujudkannya, Pemkab Agam memberikan fasilitas dan kemudahan bagi investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Agam.

"Kita memberikan fasilitas atau kemudahan bagi investor untuk membuka usaha di Agam," katanya.

Ia mengatakan fasilitas dimaksud seperti kemudahan dalam pelayanan perizinan sebagaimana diamanatkan PP Nomor 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Pemberian Insentif Berupa Pengurangan Pajak Daerah Serta Tersedianya Tenaga Kerja Terampil.

"Pelaku usaha dalam pengurusan perizinan sudah difasilitasi dengan aplikasi OSS-RBA yang telah digunakan pada awal Agustus 2021 dan bisa diakses sendiri oleh pelaku usaha," katanya.

Ia berharap pelaku usaha atau investor di Agam, agar dapat menggandeng UMKM yang jumlahnya capai belasan ribu dan bergerak diberbagai sektor.

Dengan cara ini, diyakini usaha mikro dan kecil dapat berkembang menjadi usaha menengah dan lebih besar, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini target kita bagaimana kesejahteraan masyarakat bisa meningkat," katanya.