Wali Kota Solok raih penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2024

id Wali Kota Solok, raih penghargaan, wahana tata nugraha, tahun 2024,Budi Karya Sumadi ,WTN,Solok

Wali Kota Solok raih penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2024

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2024 dari Kementerian Perhubungan RI. ANTARA/HO-Diskominfo Solok.

Solok (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Solok Sumatera Barat Zul Elfian Umar menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2024 dari Menteri Perhubungan RI karena dinilai berprestasi dalam penyelenggaraan transportasi perkotaan.

"Alhamdulillah, karena Kota Solok berhasil memperoleh Piala WTN tahun 2024. Ini merupakan bukti kerja keras serta perbaikan yang terus menerus kita lakukan dalam tata kelola transportasi di Kota Solok," ujar Zul di Solok, Senin.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang dinilai berprestasi dalam penyelenggaraan transportasi perkotaan.

Selain itu, penghargaan tersebut sebagai manifestasi dan komitmen bersama dalam mewujudkan tata kelola transportasi yang mendukung mobilitas masyarakat, meningkatkan keselamatan serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Dari hasil penilaian ditetapkan 76 provinsi, kota serta kabupaten mendapatkan penghargaan yang terdiri atas dua kategori penghargaan.

Dua kategori penghargaan tersebut, yakni Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dan Piala Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama.

Piala Wahana Tata Nugraha diberikan kepada 61 kota/kabupaten, dengan rincian Kota Raya (lima kota/kabupaten), Kota Besar (enam kota/kabupaten), Kota Sedang (23 kota/kabupaten), dan Kota Kecil (27 kota/kabupaten). Sedangkan Piala WTN Wiratama diberikan ke 15 provinsi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi bagi pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam memberikan manfaat transportasi yang baik bagi masyarakat.

"Secara konsisten kami memberikan penghargaan Wahana Tata Nugraha suatu penghargaan prestise untuk pemerintah daerah yang telah melakukan kegiatan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

WTN ini juga sebagai upaya peningkatan layanan transportasi di daerah agar terus mendukung mobilitas masyarakat yang memadai serta mengurangi dampak terhadap lingkungan.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat dan apresiasi. Kami melihat bahwa, banyak daerah yang antusias melakukan pengembangan inovasi dan upaya-upaya, memberikan suatu pelayanan bagi masyarakat. Selamat untuk pemerintah daerah," katanya.