Bawaslu Sumbar : kampung pengawasan beri ruang masyarakat berdialog

id Bawaslu Sumbar

Bawaslu Sumbar : kampung pengawasan beri ruang masyarakat berdialog

Komisioner Bawaslu Sumbar, Muhammad Khadafi (kiri) menandatangani deklarasi Pilkada damai, di Halaman Kantor Panwascam Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Jumat (6/9). (Antara/HO-Bawaslu Dharmasraya).

Pulau Punjung (ANTARA) - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Sumatera Barat (Sumbar), Muhammad Khadafi mengatakan Kampung Pengawasan Partisipatif di Kecamatan Tiumang diharapkan memberi ruang dialog bagi masyarakat untuk berperan dalam pengawasan Pilkada serentak 2024.

"Kita berharap deklarasi ini menjadi pemantik untuk semua hal-hal baik bisa terjadi di sini, dimulai dari berdialog dan saling mengingatkan dalam konsep mencegah, serta mengawasi agar tidak terjadi pelanggaran, atau potensi apa saja yang berimplikasi pada hukum," katanya, di Pulau Punjung, Jumat.

Hal tersebut dikemukakan Khadafi saat meresmikan kampung pengawasan partisipatif 2024 serta deklarasi Pilkada damai, di halaman Kantor Panwascam Tiumang, Nagari Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Jumat (6/9).

Menurut dia setiap tahapan pemilihan berpotensi terjadi pelanggaran dan kecurangan. Dapat dilakukan oleh siapa saja baik penyelenggara, pemilih, peserta atau stakeholder lainnya. Karena itu dengan adanya ruang dialog ini diharapkan hal tersebut dapat diminimalisir bahkan dihilangkan.

Lebih jauh ia berharap kehadiran kampung pengawasan partisipatif dapat menjadi ruang diskusi oleh seluruh lapisan masyarakat untuk bagaimana pelaksanaan Pilkada berjalan lebih baik dari sebelumnya.

Ia mengatakan, secara berkelanjutan Bawaslu Sumbar akan membentuk Kampung Pengawasan Partisipatif di 179 kecamatan yang ada di Sumbar. Hingga saat ini sudah 60 yang sudah terbentuk .

Untuk di Dharmasraya, kata dia Kecamatan Tiumang merupakan lokasi ke empat di kabupaten itu, sebelumnya telah diresmikan di Kecamatan Pulau Punjung, Kecamatan Sungai Rumbai, dan Kecamatan Situng.

Sementara,Kepala Kesbangpol Dharmasraya, Asri mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menyambut baik deklarasi damai dan pembentukan Kampung Pengawasan Parifisipatif di Kecamatan Tiumang

"Dengan dicanangkannya deklarasi Pilkada damai dan diresmikannya Kampung Pengawasan Partisipatif. Ke depannya, sehingga potensi pelanggaran dalam pilkada bisa dihindari dan ditekan seminimal mungkin," ujarnya.

Ia berharap setiap lembaga, organisasi, dan masyarakat yang terlibat langsung dalam pesta demokrasi nantinya agar memastikan bahwa kegiatan berjalan dengan aman, lancar, dan didukung oleh situasi yang kondusif.

Peresmian kampung pengawasan partisipatif 2024 serta mendeklarasikan Pilkada damai juga dihadiri Komisioner Bawaslu Dharmasraya, Alde Rado, Camat Tiumang Marjilis, Kapolsek Koto Baru, Danramil Koto Baru, PPK Tiumang, dan Panwaslu se-Kabupaten Dharmasraya.