PDAM Sawahlunto percepat dan perkuat kinerja menanggapi pengaduan pelanggan

id PDAM Kota Sawahlunto,berita sawahlunto,berita sumbar

PDAM Sawahlunto percepat dan perkuat kinerja menanggapi pengaduan pelanggan

Suasana perbaikan pompa Rantih oleh personel PDAM Sawahlunto yang dibantu PDAM Kota Padang. (Antarasumbar/HO-PDAM Sawahlunto)

Sawahlunto (ANTARA) - PDAM Kota Sawahlunto, Sumatera Barat sedang mempercepat penanganan pengaduan pelanggan dalam upaya mengoptimalkan pelayanan.

Direktur PDAM Kota Sawahlunto Julmardizon, Jum'at menyampaikan sikap cepat tanggap pada pengaduan pelanggan itu merupakan komitmen kinerja.

"Beberapa percepatan penanganan yang sedang kami lakukan ini yaitu untuk di Kecamatan Lembah Segar, yakni di Tanjung Sari dan Kubang Sirakuk Atas yang sebelumnya sulit sekali akses air, nah sekarang sudah dilayani dengan baik meskipun belum full (penuh) yakni karena menyesuaikan dengan jadwal pengaliran airnya," kata dia.

Kemudian PDAM juga bergerak cepat menangani kasus kebocoran yang terjadi pada pipa distribusi, dimana jajaran personel PDAM sering bekerja sampai tengah malam dalam memperbaiki kerusakan itu.

"Setelah itu untuk perbaikan pompa Rantih yang memang cukup berat itu kami kerjakan dengan membawa sejumlah teknisi dari PDAM Kota Padang. Sekarang sedang dikerjakan, kami terus dampingi setiap hari untuk melihat bagaimana progres dan kalau ada kendala bagaimana kita cepat menemukan solusinya," kata dia.

Direktur PDAM Julmardizon menyatakan intinya PDAM Kota Sawahlunto terus bergerak melakukan pembenahan pada semua aspek, sehingga mutu pelayanan dan produksi dari PDAM bisa semakin meningkat.

Terbaru, dalam memperkuat pembenahan itu kini PDAM Kota Sawahlunto bekerja sama dengan PDAM Kota Padang untuk peningkatan kapasitas SDM, pendistribusian air dan penurunan tingkat kebocoran.

“Hal penting dalam kerjasama ini yaitu mekanik elektrikal dimana PDAM Kota Sawahlunto sebanyak 85 persen memakai sistem pompanisasi sehingga kita harus fokus, bagaimana dari segi perawatan dan perbaikan dari skala kecil dan menengah. Sebelum dilakukan kerjasama ini kami PDAM Sawahlunto sudah dibantu tim laboratorium PDAM Kota Padang tentang pengecekan sumber yang kami olah. Seperti sumber dari Rantih sumber dari IPA Kandis dan IPA Lunto dan Batu Tajam," ujar dia merinci.

Penandatanganan kerjasama antara PDAM Kota Padang dengan PDAM Kota Sawahlunto itu telah dilaksanakan pada Kamis (05/09) di Balaikota.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyebut peningkatan dan percepatan penanganan pengaduan pelanggan tersebut hendaknya terus dijaga PDAM sehingga hak-hak masyarakat sebagai konsumen dapat terpenuhi.

"Kami menilai positif gerakan pembenahan yang dilaksanakan Direktur PDAM bersama jajarannya. Pemkot siap mendukung, silahkan terus berkoordinasi melalui perangkat daerah terkait," kata dia.