Pemkab Pesisir Selatan tuntaskan pembangunan ruas jalan sepanjang 19,6 kilometer di Sutera

id Pemkab Pesisir Selatan,embangunan ruas jalan pessel,berita pessel,berita sumbar

Pemkab Pesisir Selatan tuntaskan pembangunan ruas jalan sepanjang 19,6 kilometer di Sutera

Pemkab Pesisir Selatan Tuntaskan Pembangunan Ruas Jalan Sepanjang 19,6 Kilometer di Sutera

Painan (ANTARA) - Pembangunan infrastruktur terus digenjot Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan seperti halnya ruas jalan kabupaten sepanjang 19,6 kilometer di Kecamatan Sutera yang telah dituntaskan pembangunannya oleh pemkab dalam 3 tahun terakhir.

Kepala Dinas PUTR Pesisir Selatan, Yusvianty melalui Kepala Bidang Bina Marga, Fahresi Eka Siska, Senin (26/8) mengungkapkan, pembangunan ruas jalan sepanjang 19,6 kilometer di Sutera tersebut dibangun secara bertahap sejak 2021.

Ia menjelaskan, jalan 19,6 kilometer tersebut dibangun di beberapa nagari di kecamatan itu, dalam rangka meningkatkan akses infrastruktur warga.

"Pengerjaan jalan tersebar di beberapa nagari di Kecamatan Sutera yang bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah,” ungkap Fahresi Eka Siska.

Ia menjelaskan, secara pengerjaan dimulai pada 2021 sepanjang 1,89 kilometer di Kecamatan Sutera. Jalan yang dibangun dan di aspal pada tahun 2021 tersebut adalah jalan penghubung antar Kampung Sariak, Nagari Rawang Gunung Malelo sampai Lubuak Batu Timbulun, Nagari Aur Duri Surantih sepanjang 0,80 kilometer, dan jalan Nagari Surantih-Gunung Rajo sepanjang 0,13 kilometer.

Kemudian di tahun 2022, kembali dilanjutkan perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 7,70 kilometer, yakni, jalan Simpang Ampiang Parak-Taratak Paneh diaspal sepanjang 4,20 kilometer, dan Jalan Cimpu -Sungai Sirah sepanjang 0,90 kilometer.

Seterusnya, di tahun yang sama diselesaikan pengaspalan akses Jalan Koto Marapak -Sikabu Munto sepanjang 1,0 kilometer, dan akses Rawang-Lubuk Batu Timbulun sepanjang 1,60 kilometer.

Sementara di tahun 2023 kembali dilanjutkan dengan total panjang jalan yang diaspal mencapai sepanjang 10,01 kilometer. Jalan yang diaspal itu, diantaranya akses Jalan Ampiang Parak -Sikabu Munto sepanjang 0,79 kilometer, dan jalan Koto Panjang -BPP Surantih sepanjang 3,26 kilometer.

Selain itu, juga dilakukan pengaspalan jalan Koto Tarok-Koto Sigiriak sepanjang 1.54 kilometer dan jalan Pasar Ampiang Parak/SMP Ampiang Parak-Simpang Padang Laweh sepanjang 2,03 kilometer. Kemudian, akses Jalan Basung-Simpang SMA 1 Sutera sepanjang 0,89 kilometer dan jalan Kayu Gadang-Gantiang sepanjang 1,50 kilometer.

Pada 2024 ini, pemerintah daerah juga terus perbaikan infrastruktur jalan di Kecamatan Sutera seperti jalan Muara Lansano, dan jalan di Rawang Sungai Sirah, Surantih.

"Kalau di tahun ini pengaspalan jalan Muara Lansano dan Sungai Sirah Surantih masih dalam tahap pengerjaan. Insyaallah selesai sebelum akhir tahun 2024 ini," katanya.