Pemkot Padang luncurkan "Genius" untuk pemenuhan gizi siswa

id Genius, Sumbar, Bapanas

Pemkot Padang luncurkan "Genius" untuk pemenuhan gizi siswa

Peluncuran program "Genius" di Padang. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat meluncurkan "Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (Genius) 2024" dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Pemkot Padang Corri Saidan di Padang, Senin, mengatakan "Genius' merupakan program dari Badan Pangan Nasional untuk mendukung penanganan rawan pangan dan gizi, sekaligus meningkatkan kualitas SDM guna mewujudkan Generasi Emas 2045.

"Siswa menyambut gembira program 'Genius' ini. Masing-masing mendapatkan pangan bergizi yang berprotein cukup tinggi," katanya.

Dalam kegiatan itu, para siswa bersama orang tuanya juga menerima edukasi tentang pangan dan gizi dari Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) Kota Padang.

Menurut Corri, program "Genius" memiliki peran yang signifikan untuk membangun kesadaran masyarakat dan generasi muda akan pentingnya sarapan dan kudapan sehat.

"Dalam program 'Genius' ini kita juga mengajak peserta didik dan orang tua untuk berperilaku bijak dalam mengonsumsi pangan (stop boros pangan) dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang kembali memilih Kota Padang untuk tahun kedua menerima program ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Alfiadi menyebutkan daerah itu masuk ke dalam 30 kota di antara 10 provinsi di Indonesia yang menerima pelaksanaan "Genius" pada 2024.

"Sebanyak 701 peserta didik dari tiga SD di Kota Padang menerima program 'Genius' di tahun ini. Di SDN 09 Surau Gadang ini sebanyak 421 siswa, lalu di SDN 13 Lolong 171 siswa dan SDN 30 Lubuk Lintah berjumlah 109 siswa," katanya.

Pemberian kudapan pangan bergizi berupa telur, susu, daging ayam, dan ikan tersebut dilakukan 20 kali selama dua bulan ke depan.

Provinsi yang menerima program "Genius 2024" selain Sumbar adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat.