Enam atlet sepatu roda Sumbar lulus BK PON Aceh-Sumut

id atlet sepatu roda Sumbar,Ketua Perserosi Sumbar Genius Umar ,PON Aceh-Sumut

Enam atlet sepatu roda Sumbar lulus BK PON Aceh-Sumut

Ketua Perserosi Sumbar Genius Umar berfoto bersama dengan atlet dan jajaran Pemkot Pariaman. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Sebanyak enam atlet sepatu roda Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan lulus Babak Kualifikasi (BK) Sepatu Roda Zona 2 Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 setelah mengikuti seleksi di Kota Pariaman mulai dari 18 hingga 20 Agustus 2023.

"Enam atlet Sumbar ini sebagian besar adalah atlet-atlet berbakat Kota Pariaman," kata Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Sumbar Genius Umar di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan keberhasilan tersebut merupakan yang pertama kali diraih daerah itu untuk PON di cabang olahraga sepatu roda.

Selama ini, kata dia atlet sepatu roda asal Sumbar belum ada yang lolos untuk mengikuti PON.

"Prestasi ini adalah hadiah kemerdekaan bagi kita semua. Selama ini atlet-atlet Sumbar tidak pernah ikut di PON, tapi sekarang atlet-atlet sepatu roda kita bisa menembusnya," katanya.

Menurutnya keberhasilan tersebut merupakan hasil perjuangan para atlet sepatu roda yang diiringi dengan pembinaan dari para pelatih serta dukungan dari orang tua.

Genius yang juga Wali Kota Pariaman tersebut memberikan hadiah kepada atlet sepatu roda asal Pariaman yang akan mewakili Sumbar pada PON Aceh-Sumut 2024.

Hadiah yang diberikan tersebut berupa beasiswa ke perguruan tinggi untuk atlet yang telah tamat SMA sederajat.

Sedangkan atlet yang belum tamat SMA sederajat akan dibebaskan uang sekolah selama setahun serta memberikan keringanan satu bulan untuk tugas sekolah karena mengikuti pelatihan sepatu roda.

BK Sepatu Roda Zona 2 PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang dilaksanakan di Pantai Cermin Pariaman diikuti oleh Riau 13 atlet, Jambi 12 atlet, Sumatera Selatan 7 atlet, Sumatera Barat 14 atlet, Kalimantan Barat 3 atlet, Kalimantan Tengah 3 atlet dan Kalimantan Timur 15 atlet.

Genius menambahkan Pemerintah Kota Pariaman rutin melaksanakan perlombaan sepatu roda guna meningkatkan semangat olahraga dan mendukung wisata olahraga.

Oleh karena itu pihaknya akan melaksanakan lomba sepatu roda nasional pada 23 September 2023 dengan dengan mengundang Perserosi se-Indonesia.