Dinas Pertanian Pesisir Selatan raih tertinggi dalam penilaian Keterbukaan Informasi Publik

id Dinas Pertanian Pesisir Selatan,berita pessel,berita sumbar

Dinas Pertanian Pesisir Selatan raih tertinggi dalam penilaian Keterbukaan Informasi Publik

Dinas Pertanian Pesisir Selatan raih tertinggi dalam penilaian Keterbukaan Informasi Publik

Painan (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan berhasil meraih prestasi gemilang dengan dinobatkan sebagai perangkat daerah dengan tingkat produktivitas informasi publik tertinggi. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Bupati setempat, Rusma Yul Anwar, pada peringatan HUT RI ke-79.

"Prestasi membanggakan ini didapatkan berkat komitmen tim dalam menyajikan informasi yang lengkap dan mudah diakses oleh masyarakat melalui website resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan," kata Kepala Dinas Pertanian Pesisir Selatan, Madrianto di Painan, Rabu, (21/08)

Madrianto menjelaskan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan pada semester pertama tahun 2024 menunjukkan bahwa Dinas Pertanian berhasil mengungguli perangkat daerah lainnya dalam hal penyediaan Daftar Informasi Publik (DIP).

"Tim yang solid merupakan kunci utama atas diraihnya prestasi ini," tegasnya.

Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska, menyampaikan bahwa penghargaan merupakan bentuk apresiasi atas upaya Dinas Pertanian dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas publik.

"Informasi yang terbuka dan mudah diakses oleh masyarakat merupakan hak yang harus dijamin oleh pemerintah," tegas Mawardi.

Kepala Dinas Kominfo Pesisir Selatan, Wendi, menambahkan bahwa keberhasilan Dinas Pertanian tidak terlepas dari kerja sama yang solid antara seluruh tim.

"Kami berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi perangkat daerah lainnya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan informasi kepada masyarakat," ujarnya.

Ia menyebut Dinas Pertanian Pesisir Selatan sebagai pionir dalam keterbukaan informasi publik di Pesisir Selatan telah membuktikan bahwa informasi yang transparan dapat memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

"Dengan prestasi ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses informasi terkait program dan kegiatan Dinas Pertanian, sehingga partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah dapat ditingkatkan," kata dia.

Wendi melanjutkan, bahwa, setelah Dinas Pertanian, peringkat dua diraih oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip, dan kemudian Dinas Kesehatan meraih peringkat 3.