BPJS Ketenagakerjaan jalin kerja sama dan sosialisasikan program ke KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah

id BPJS Ketenagakerjaan, KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah,BPJS Kabupaten Agam

BPJS Ketenagakerjaan jalin kerja sama dan sosialisasikan program ke KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah

Agam (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi jalin kerja sama dan sosialisasikan program ke pengurus dan anggota Koto Tangah Sepakat (KOTAS) Ranah Nagari Koto Tangah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya perlindungan sosial di tempat kerja di Aula Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Jumat (16/8).

Kepala Cabang BPJS Kabupaten Agam Wira di Lubuk Basuang, Jumat mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pengurus dan anggota KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah tentang pentingnya perlindungan sosial di tempat kerja.

“Kami ingin memastikan bahwa para pengurus dan anggota KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah, memahami hak-hak dan manfaat yang mereka miliki dalam hal perlindungan ketenagakerjaan," ujarnya.

Dalam sesi sosialisasi ini, para pengurus dan anggota diberikan informasi mendalam mengenai berbagai program perlindungan yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Narasumber yang hadir dari BPJS Ketenagakerjaan memberikan penjelasan yang komprehensif tentang cara mengakses dan manfaat dari setiap program perlindungan tersebut.

"BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan kesejahteraan pekerja melalui pengelolaan dana dengan baik, perlindungan jaminan kecelakaan kerja, sosialisasi dan kerja sama dengan pihak berwenang," katanya.

Pengawas KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah Yur Sutan Karando dalam kesempatan itu mengajak, masyarakat untuk mendaftarkan dirinya ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Karena melindungi kita dari kecelakaan kerja, biaya berobat, jaminan hari tua bahkan kematian," kata dia.

Ketua 1 KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah Hidayatullah Parmato Agam menyampaikan, bahwa BPJS ketenagakerjaan sangat bermanfaat dalam memberikan jaminan dan kepastian perlindungan dalam hal kecelakaan kerja dan kematian bahkan kepada ahli waris.

Terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi Iddial menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah sebagai lembaga sosial di Nagari Koto Tangah, yang sangat memperhatikan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dalam bentuk kerjasama yang dilakukan Kotas dengan BPJS untuk perlindungan masyarakat dan jaminan hari tua bagi masyarakat Nagari Koto Tangah.

Iddial menyebutkan, banyak sekali manfaat yang diperoleh menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Iuran BPJS Ketenagakerjaan murah namun bisa mendapatkan manfaat luar biasa,. Diharapkan masyarakat tahu bahwa BPJS Ketenagakerjaan hadir dalam memberikan perlindungan, bukan hanya bagi pekerja yang menerima upah, melainkan juga bagi pekerja bukan penerima upah seperti petani, nelayan, tukang ojek, pedagang dan lainnya," kata dia

Kegiatan sosialisasi dihadiri Kepala Cabang BPJS Kabupaten Agam Wira Legawa, Pengurus dan Anggota KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah, Ninik Mamak dan pengurus KOTAS Ranah Nagari Koto Tangah dan sejumlah masyarakat Nagari Koto Tangah.