Polres Pasaman Barat Gelar tanam pohon di pesisir Pantai Muaro Sasak

id Polres Pasaman Barat

Polres Pasaman Barat Gelar tanam pohon di pesisir Pantai Muaro Sasak

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto saat menyiram pohon yang baru ditanam di pesisir pantai Jorong Pasa Lamo Nagari Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie sebagai bentuk bakti sosial peduli lingkungan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78, Jumat (28/6/2024). Antara/HO-Humas Polres Pasaman Barat. 

Simpang Empat (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat melakukan penanaman 1.800 batang pohon di pesisir pantai Muaro Sasak Jorong Pasa Lamo Nagari Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie sebagai bentuk bakti sosial peduli lingkungan.

"Di momen Hari Bhayangkara ke-78 ini kita melakukan bakti sosial penanaman pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan penanaman pohon itu juga upaya menjaga ekosistem lingkungan khususnya di daerah pesisir pantai.

"Hari ini kami telah menanam sebanyak 1.800 bibit pohon di sepanjang Pantai Muaro Sasak Jorong Pasa Lamo yang terdiri dari pohon petai sebanyak 300 batang, jengkol 300 batang, gaharu 500 batang, pinang 400 batang, bayur 200 batang dan pinus 100 batang," ujarnya.

Menurutnya penanaman bibit pohon itu bertujuan untuk mencegah abrasi di sekitar Pantai Muaro Sasak Nagari Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, sedangkan untuk penanaman disesuaikan dengan jenis pohon yang akan ditanam.

"Melalui kegiatan penanaman pohon ini, tentunya dapat menjadi daya tarik para wisatawan baik dari dalam maupun luar Pasaman Barat untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam Pantai Muaro Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pantai dalam Usaha Kecil Menengah (UKM)," terangnya.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Pasaman Barat yang telah sukses melaksanakan kegiatan penanaman pohon secara serentak pada hari ini.

Ia mengajak kepada masyarakat dan para generasi muda untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan.

"Melalui program dari Kapolri ini, dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan serta menjaga ekosistem pesisir pantai yang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sering ramai dikunjungi oleh masyarakat," katanya.

Menurutnya Pantai Sasak merupakan salah satu destinasi andalan wisata Pasaman Barat yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

"Lokasi wisata ini perlu kita jaga terutama lingkungannya. Kepada masyarakat mari rawat pohon yang telah ditanam ini," harapnya. ***3***