Bupati Rusma Yul Anwar gelar sholat Idul Adha di GOR H Ilyas Yakub Painan

id upati Rusma Yul Anwar ,berita pessel,berita sumbar

Bupati Rusma Yul Anwar gelar sholat Idul Adha di GOR H Ilyas Yakub Painan

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, Senin (17/6) di  GOR H Ilyas Yakub Painan (ANTARA/HO-Diskominfo Pessel)

Painan (ANTARA) - Walau sempat khawatir karena Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) diguyur hujan di malam hari, namun sholat Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024 yang dihadiri Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, Senin (17/6) di GOR H Ilyas Yakub Painan tetap terlaksana sesuai jadwal.

Pelaksanaan sholat Idul Adha yang dihadiri oleh ribuan masyarakat se Kenagarian Painan, para perantau, serta juga anggota Forkopimda Pessel itu, mendatangkan H Zulkarnain Rajo Lenggang sebagai khatib sholat, dan Asrianto sebagai imam sholat.

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua hadirin dan para perantau yang memadati GOR H Ilyas Yakub untuk melaksanakan sholat Id, dan juga selamat Hari Raya Idul Adha 1445 hijriah tahun 2024.

Dalam kesempatan itu dia mengajak semua masyarakat Pessel untuk mendoakan semua jama'ah asal Pessel yang tengah menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah.

"Saya berharap dan mendoakan semua jama'ah sholat Idul Adha yang melaksanakan sholat Id di sini juga dapat menjalankan ibadah haji nantinya ke tanah suci Mekkah," harapnya.

Dijelaskannya bahwa tahun 2024 ini jumlah jama'ah haji asal Pessel ada sebanyak 143 orang.

"Jumlah ini terpenuhi sebesar 100 persen berdasarkan kuota yang diberikan. Jika dibanding tahun sebelumnya, meningkat sebesar 15 persen. Para jama'ah haji tersebut terdiri dari 55 orang laki-laki, dan 88 orang perempuan. Dari jumlah itu sebanyak 21 orang merupakan lansia," jelasnya.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan rasa duka terhadap salah seorang jama'ah haji asal Pessel yang meninggal dunia di tanah suci Mekkah pada haji tahun ini.

"Atas nama pribadi dan pemerintah daerah saya menyampaikan rasa duka yang dalam karena meninggalnya salah seorang jama'ah haji perempuan asal Nagari Kambang, Kecamatan Lengayang, atas nama Retno Yarni, dalam usia 61 tahun. Semoga almarhum mendapatkan tempat yang mulia dan dimasukkan ke dalam surganya oleh Allah SWT," harapnya.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pessel, Afrizal Dt Rang Kayo Basa, dalam kesempatan itu menyampaikan selamat kepada semua kaum muslimin dan juga para perantau yang sengaja pulang kampung untuk melaksanakan sholat Idul Adha di kampung halaman tahun 2024 ini.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan bahwa pada hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024 ini jumlah hewan kurban di Kenagarian Painan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun ini jumlah hewan kurban mengalami peningkatan. Saya katakan demikian sebab tahun ini jumlah mencapai 187 ekor yang terdiri dari 166 ekor sapi, dan 21 ekor kambing. Sedangkan tahun 2023 lalu hanya 160 ekor sapi dan 20 ekor kambing," jelasnya.