Bupati Rusma Yul Anwar serahkan bantuan hibah kepada kelompok nelayan di Tiga Kecamatan

id Bupati Rusma Yul Anwar,berita pessel,berita sumbar

Bupati Rusma Yul Anwar serahkan bantuan hibah kepada kelompok nelayan di Tiga Kecamatan

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar

Painan (ANTARA) - Untuk mendukung dan meningkatkan produktivitas masyarakat yang tergabung pada kelompok nelayan, Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar, kembali menyerahkan bantuan hibah.

Kelompok nelayan yang menjadi sasaran kali ini adalah yang berasal dari Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Bayang, dan Kecamatan IV Jurai.

Penyerahan bantuan itu berlangsung baru-baru ini di Kantor Wali Nagari Pulau Karam, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, saat menyerahkan bantuan itu menjelaskan ada beberapa bentuk peralatan perikanan yang disalurkan kepada kelompok nelayan tersebut. Termasuk juga mesin tempel, mesin long tail, dan jaring ikan trammel net.

"Selain itu juga sebanyak 10 unit mesin tempel 15 PK, 7 unit mesin tempel 40 PK, 24 unit mesin long tail 6,5 PK, dan 63 buah jaring ikan trammel net. Bantuan ini kita serahkan kepada 14 kelompok nelayan yang terdaftar. Dan saya berharap ini bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi nelayan dalam melakukan penangkapan ikan," harap Bupati.

Selain itu, Kelompok Nelayan Kawasan Wisata Muaro Bantiang juga menerima 1 unit mesin tempel 15 PK dan 3 unit mesin tempel 40 PK. Hal itu menandakan kebutuhan yang beragam di antara kelompok-kelompok tersebut.

"Jaring ikan trammel net juga menjadi bagian penting dari bantuan ini," jelasnya.

Perkumpulan Nelayan Riak Dinda Jaya, misalnya, menerima 23 buah jaring, sedangkan KUB Batu Mandi mendapatkan 22 buah.

Mesin long tail 6,5 PK juga diserahkan kepada beberapa kelompok, termasuk Kelompok Nelayan Pantai Salido yang menerima 14 unit. Mesin ini dirancang untuk meningkatkan jangkauan dan kapasitas penangkapan ikan, yang akan mendukung kesejahteraan nelayan di daerah tersebut.

Dia menjelaskan bahwa bantuan itu merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Pemkab Pessel untuk mendukung sektor perikanan lokal.

Pemerintah daerah menggarisbawahi pentingnya implementasi dari hibah yang diberikan, dan berharap agar setiap kelompok nelayan dapat memanfaatkan peralatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Penyerahan ini bukan hanya sebuah formalitas, tetapi merupakan langkah konkret untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan memajukan sektor perikanan.

"Melalui hibah ini saya berharap kelompok nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapan mereka guna dalam meningkatkan perekonomian keluarga dan daerah secara umumnya," tutup Bupati.