Pj. Wako Padang Panjang, dorong OPD percepat target realisasi program 2024

id Pj. Wako Padang Panjang,Pj. Wako Sonny BP

Pj. Wako Padang Panjang, dorong OPD percepat target realisasi program 2024

Pj. Wako Sonny BP serahkan penghargaan kepada OPD teebaik dalam memberikan pelayanan publik.

Padang Panjang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Walikota Padang Panjang, Sumatera Barat, Sonny Budaya Putra, berharap masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus berkomitmen meningkatkan kinerja. Hal itu disampaikannya pada Rapat Evaluasi Kegiatan yang digelar Kamis (14/3) di Hall Lantai III Balai Kota.

"Dalam pelaksanaan tugas, memang tidak ada tekanan yang berlebihan, namun tentunya kinerja kita harus baik. Kita sangat mengapresiasi OPD dengan komitmen tinggi bisa mencapai realisasi 20 persen yang ditargetkan," kata dia.

Ia mendorong OPD untuk lakukan langkah percepatan agar target realisasi program kegiatan di triwulan pertama 2024 dapat tercapai.

"Karena berada dalam satu sistem, kinerja kita sangat tergantung bagaimana kinerja di OPD. Kita patut bersyukur berkat kinerja bersama, Padang Panjang kembali meraih Piala Adipura ke-16 kalinya, Padang Panjang juga meraih Dasawisma Berprestasi Tingkat Sumatera Barat baru-baru ini," kata Sonny.

Ia menambahkan beberapa catatan untuk ditindaklanjuti yang berkaitan dengan capaian realisasi fisik dan keuangan, pendapatan daerah, pelayanan publik, intervensi penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting, inflasi serta inovasi.

Pada kesempatan tersebut, Sonny juga menyerahkan piagam penghargaan kepada instansi terbaik di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI.

Kelima instansi yang masuk kategori A, Zona Hijau dengan Opini Kualitas Tertinggi pada periode penilaian Juni-Oktober 2023 tersebut yaitu Puskesmas Kebun Sikolos dengan nilai 96,37, Puskesmas Koto Katik (96,35), Dinas Sosial PPKBPPPA (96,16), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (91.00) dan Dinas PMPTSP (89,12).

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI 2023 yang diraih Januari lalu dimana Kota Padang Panjang berada di peringkat dua dengan nilai 90,72 kategori A Zona Hijau dengan Opini Kualitas Tertinggi.

Penghargaan tersebut diterima Pj. Wali Kota yang diserahkan Gubernur Sumbar di Auditorium Gubernuran, beberapa waktu lalu.