Bupati Pesisir Selatan minta penyelenggaraan urusan pemerintahan agar profesional

id Bupati Rusma Yul Anwar,berita sumbar,berita pessel,berita painan

Bupati Pesisir Selatan minta penyelenggaraan urusan pemerintahan agar profesional

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar (ANTARA/HO-Diskominfo Pessel)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan. Sumatera Barat Rusma Yul Anwar mengingatkan agar semua penyelenggaraan urusan pemerintahan benar-benar menghayati dan memahami secara lebih baik dalam penggunaan anggaran dalam pelaksanaan tugas urusan pemerintahan. Hal itu disampaikannya pada Hari Kesadaran Nasional (HKN), Senin (19/2), di Painan.

Upacara Peringatan HKN Tanggal 19 Februari 2024 di Kabupaten Pesisir Selatan ini diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah, instansi vertikal (Forkopinda) yang terdiri atas TNI/Polri, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, dan ASN di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

Lebih lanjut, Bupati Rusma Yul Anwar menjelaskan, Hari Kesadaran Nasional (HKN) lebih fokus untuk menyadarkan peningkatan kinerja dan profesional ASN melalui pengawasan, karena penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, efektif dan efisien hanya dapat dicapai jika pengawasan dilakukan secara maksimal di berbagai stakeholder penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, tentu dengan meningkatkan kesadaran sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

"Peran APIP pada hakekatnya merupakan kesanggupan terhadap tugas dan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan daerah atau nagari. Untuk itu, diminta kepada kita semua, dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan benar-benar menghayati dan memahami, mengefektifkan penggunaan anggaran dalam pelaksanaan tugas urusan pemerintahan di daerah kita ini," tuturnya.

Menurutnya, hal ini selaras dengan tuntutan masyarakat Pesisir Selatan kepada penyelenggara urusan pemerintahan yang lebih baik dan profesional, tentu harus menjadi orientasi dan tujuan, untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas dalam melayani masyarakat.