352 pemilih di daerah tertinggal Tombang Talamau berikan hak suara

id Pemilu 2024,Berita pasbar,Berita sumbar,Talamau

352 pemilih di daerah tertinggal Tombang Talamau berikan hak suara

Seorang pemilih di Jorong Tombang Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat sedang memasukkan surat suara Pemilu 2024 setelah dicoblos, Rabu (13/2/2023). Antara/HO-PPK Talamau. 

Simpang Empat (ANTARA) - Sebanyak 352 orang warga yang berdomisili di daerah tertinggal Jorong Tombang Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memberikan hak suaranya saat pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu.

"Di daerah Tombang ada dua TPS yakni TPS 23 dengan jumlah pemilih 179 orang dan TPS 24 jumlah pemilih 173 orang. Semuanya hadir memberikan hak suaranya," kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Talamau Paimal di Talu Talamau, Rabu.

Ia mengatakan antusias masyarakat memberikan hak suaranya cukup tinggi untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi itu.

"Pemilihan berjalan dengan lancar tidak ada kendala yang berarti meskipun daerah Tombang merupakan salah satu daerah rawan secara geografis," katanya.

Dalam pelaksanaan pemungutan suara itu juga dikawal oleh pihak kepolisian, TNI dan juga diawasi oleh jajaran Badan Pengawas Pemilu.

Sebelumnya pihaknya menyalurkan logistik menggunakan sepeda motor karena tidak bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat, Selasa.

"Penyaluran logistik ke daerah Tombang Mudiak menggunakan sepeda motor melewati jalan berlubang dan bertanah," katanya.

Pihaknya memilih menggunakan sepeda motor dikarenakan jalan menuju daerah itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat atau masuk daerah rawan secara geografis.

"Perjalananya cukup jauh sekitar 1 jam lebih karena medan jalannya yang cukup parah. Apalagi melewati sejumlah sungai sehingga kotak suara itu terpaksa di pikul melewati air sungai itu," katanya.

Untuk membawa logistik nanti ke kecamatan, pihaknya juga akan menggunakan sepeda motor dengan pengawalan pihak keamanan.