Puluhan staf Sekretariat DPRD Sumbar terima penghargaan

id DPRD Sumbar

Puluhan staf Sekretariat DPRD Sumbar terima penghargaan

Sekretaris DPRD Sumbar menyerahkan penghargaan kepada salah seorang staf DPRD setempat. (Antara/HO-Humas DPRD Sumbar).

Padang (ANTARA) - Puluhan staf Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menerima penghargaan bintang karena dinilai memiliki kinerja optimal memfasilitasi anggota DPRD khususnya saat pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper).

"Penghargaan bintang DPRD mesti dijadikan motivasi bagi seluruh staf untuk lebih meningkatkan kinerja dalam memfasilitasi kegiatan dewan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah," kata Sekwan DPRD Sumbar Raflis di Padang, Senin.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Sekretaris DPRD Sumbar Raflis didampingi oleh Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Perundang-Undangan Zardi Syahrir.

Ia menjelaskan penghargaan Bintang DPRD diberikan khusus untuk para staf yang telah mendampingi anggota DPRD Sumbar dalam agenda sosialisasi Perda. Sosper merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dewan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Setiap produk hukum daerah (Perda-red) yang dihasilkan oleh DPRD dan pemerintah daerah harus diketahui oleh masyarakat. Jadi ketika perda telah dilaksanakan, masyarakat telah mengerti dan mengetahui bagaimana jalannya regulasi itu," katanya.

Penghargaan Bintang DPRD terbagi atas tiga kategori yaitu Nindya, Madya dan Pratama. Nindya merupakan penghargaan untuk staf yang akuntabel dan terbaik dalam mendampingi dewan dalam tiga kali berturut-turun. Adapun penerima penghargaan dalam kategori ini di antaranya adalah Ida Wulansari dan Deny Suryani.

Sementara Madya, merupakan penghargaan untuk staf yang akuntabel dan terbaik dalam mendampingi dewan dalam dua kali berturut-turun, di antara penerima penghargaan itu adalah Hidayatul Rahayu, Kasmiarti dan Fitria Hayani. Untuk Pratama merupakan penghargaan bagi staf yang akuntabel dan terbaik dalam mendampingi dewan Sosper dalam satu kali.

"Adapun penerima penghargaan itu diantaranya Fikri, Nasrohim dan Nanda.

Jadi bagi staf pendamping yang telah menjalankan tugas, harus diberikan penghargaan sebagai motivasi untuk peningkatan kinerja ke depan," katanya.

Dia mengatakan spesifikasi untuk mendapatkan penghargaan ini adalah kinerja yang cepat, tepat dan akuntabel. Setiap Sosper staf akan digilir, diharapkan bisa bekerja memenuhi standar maksimal.

Di sisi lain dalam apel itu Sekretaris DPRD Sumbar Raflis juga memberikan motivasi terhadap ratusan staff sekretariat yang bekerja dalam penyelenggara administrasi dan keuangan dalam menunjang fungsi kedewanan.

Kekompakan dan kolaborasi harus ditanamkan dalam jalannya birokrasi yang satu komando, sehingga penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan tata kelola yang akuntabel efektif dan efisien bisa terlaksana dengan maksimal.