Tasa LAWNas 2023 ditabuh, Sabar AS: Event bergengsi akan jadi kalender wisata tahunan

id Tasa LAWNas 2023,Berita pasaman,Berita sumbar,Gandang tasa Lomba Lintas Alam Wisata Nasional

Tasa LAWNas 2023 ditabuh, Sabar AS: Event bergengsi akan jadi kalender wisata tahunan

Gandang tasa Lomba Lintas Alam Wisata Nasional 2023 secara resmi ditabuh Bupati Pasaman bersama unsur forkopimda, di taman wisata Equator Bonjol, Minggu malam.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Dug! Dug! Dug! Gandang tasa Lomba Lintas Alam Wisata Nasional 2023 secara resmi ditabuh Bupati Pasaman bersama unsur forkopimda, di taman wisata Equator Bonjol, Minggu malam.

Penabuhan tasa tersebut pertanda dibukanya rangkaian kegiatan Lomba Lintas Alam Wisata Nasional (LAWNas) 2023.

Adapun rangkaian kegiatan LAWNas tersebut yakni ekspo bazar ekraf dan UMKM, penampilan kesenian tradisional dan lomba lintas alam itu sendiri.

Bupati Pasaman, Sabar AS dalam sambutanya mengatakan bahwa Pemkab Pasaman dibawah pimpinannya komit menjadi Pasaman tujuan wisata, oleh sebab itu butuh dukungan seluruh lapisan masyarakat.

"Kita komit jadikan Pasaman tujuan wisata," tegas Sabar AS.

Kegiatan yang dibuka malam ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari berbagai pihak dalam mewujudkan Pasaman tujuan wisata tersebut.

"Kegiatan ini salah satu bentuk dukungan dari komunitas. Oleh sebab itu, saya atas nama pribadi maupun Bupati Pasaman mengucapkan terima kasih atas pengorbanan dan dedikasi seluruh pihak terlibat atas pelaksanaan kegiatan ini," ungkap Sabar AS.

Bupati Pasaman sekaligus tokoh pariwisata itu mengatakan bahwa event ini adalah event bergengsi makanya perlu dijadikan kegiatan tahunan di setiap akhir tahun.

"Event bergensi dan kita jadikan kalender tahunan dan didaftarkan kedalam Karisma Event Nusantara (KEN)," tegasnya.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Pasaman terutama masyarakat Bonjol untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik.

"Bonjol jadilah tuan rumah yang baik, mari tunjukkan saptapesona dengan baik, sehingga tamu-tamu akan memiliki kenangan yang baik di Pasaman," imbaunya.

"Dengan demikian mereka akan datang kembali dan mempromosikan pariwisata Pasaman karena pariwisata itu butuh atraksi salah satunya seperti LLAWNas ini," katanya.

Ia mengatakan dengan memajukan pariwisata juga akan meningkatkan perekonoian masyarakat, dengan banyaknya potensi wisata Pasaman tinggal kita bersama harus punya komitmen dalam mengeksekusinya agar semua potensi ini bisa dikembangkan.

"Begitu juga kepada pelaku UMKM dan ekraf mari gunakan event ini untuk mempromosikan produk dan meningkatkan relasi serta transaksi, sehingga mampu meningkatkan pendapatan," katanya.

Sementara Ir. Rosben Aguswar selaku ketua panitia mengatakan bahwa Sudah mendaftar 50 tim, dari Makasar sudah berangkat, dari Kalimantan Jawa dan Sumatera.

"Di bazar ekspo LAWNas sudah 60 lapak yang mengisi, ada yang berasal dari Bukittinggi, Batusangkar dan Pasaman Barat. Untuk penampilan ada 10 kelompok kesenian yang akan tampil," katanya.

Senada, Ketua LKAAM Pasaman, Khairul Dt. Bagindo Kali mengaku bangga dengan event yang dilaksanakan, karena akan lebih mudah mewujudkan Pasaman tujuan wisata Dan akan mendukung penuh program prioritas ini.

"Kami mendukung bupati secara penuh dalam pengembangan wisata Pasaman," ungkapnya.