Limapuluh Kota raih juara umum MTQ XL Sumbar

id MTQ XL Sumbar,Wakil Gubernur Sumatra Barat

Limapuluh Kota raih juara umum MTQ XL Sumbar

Wakil Gubernur Sumatra Barat saat menyerahkan piala bergilir MTQ tingkat Provinsi pada saat acara pembukaan Selasa 12/12. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Kabupaten Limapuluh Kota meraih juara umum gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XL tingkat Sumatra Barat yang diselenggarakan di Solok Selatan.

Pada surat keputusan Dewan Hakim yang Diketuai Yufrizal dan Sekretaris Afrizal pada Minggu, 17 Desember 2023 Kabupaten Limapuluh Kota memperoleh nilai 83 dan berhak memperoleh juara umum.

Ketua Umum MTQ Sumbar yang sekaligus Wakil Gubernur Sumbar Audi Joinaldy mengatakan, MTQ ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang mencari juara saja, namun sebagai sarana menambah kawan, mempererat silaturrahmi, menambah pengalaman dan meningkatkan keimanan dan ketagwaan kepada Allah SWT.

Dengan demikian katanya, Musabaqah ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan beragama di Sumatera Barat pada umumnya dan Solok Selatan pada khususnya.

Bagi para kafilah yang berhasil meraih juara, bersyukurlah, dan tingkatkanlah karena masih ada even yang lebih besar dari pada even ini yaitu MTQ Nasional di Provinsi Kalimantan Timur Tahun depan.

Bagi kafilah yang belum berhasil, janganlah berputus asa, masih ada kesempatan di ajang berikutnya, jadikan kegagalan tahun ini menjadi keberhasilan ane tertunda dan teruslah berlatih.

Bupati Solok Selatan Khairunas mengucapkan selamat kepada para pemenang dan tingkatkan terus kemampuan yang dimiliki, jangan berpuas diri karena telah berprestasi di tingkat Provinsi.

Hal ini karena dengan ditetapkannya juara ditingkat Provinsi maka pemenang bakal diberi tanggung jawab untuk membawa harum nama Provinsi Sumatera Barat pada ajang yang lebih tinggi.

Para peserta yang belum meraih prestasi, agar jangan berkecil hati, karena kalian adalah orang-orang hebat dan terbaik yang mewakili Kabupaten/Kota Masing-masing.

"Jangan menyerah, jadikan hari ini sebagai pengalaman berharga, terus berlatih untuk meraih keberhasilan pada MTQ berikutnya," ujarnya.

Gelaran MTQ ke-XL tingkat Sumatera Barat di Solok Selatan usai dihelat dengan sukses dengan juara umum Kabupaten Limapuluh Kota dengan 72 Kafilah.

Sedangkan tuan rumah gelaran MTQ ke-XL tingkat Sumbar, Kabupaten Solok Selatan meraih peringkat empat dengan 72 peserta dengan kafilah 140 orang.

Berikut urutan juara umum dan peringkat 10 besar MTQ Sumbar ke-40 di Solok Selatan:

1. Juara umum Kabupaten Limapuluh Kota nilai 83

2. Kota Padang nilai 66

3. Kabupaten Agam nilai 56

4. Kabupaten Solok Selatan nilai 50

5. Padang Pariaman nilai 42

6. Kota Solok dan Kota Pariaman nilai 41

7. Bukittinggi nilai 41

8. Tanah Datar nilai 39

9. Kabupaten Solok nilai 22

10. Kabupaten Pasaman nilai 21