Pj. Wako Padang Panjang lepas MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat

id MTQ Nasional XL Tingkat Sumatera Barat,Berita sumbar,Berita padang panjang

Pj. Wako Padang Panjang lepas MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Pj. Wako Sonny Budaya Putra didampingi Kakankemenag, Asisten I dan Kabag Kesra, lepas kafilah Padang Panjang menunuju MTQ ke XL di Solok Selatan. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, akan berikan bonus bagi kafilah yang berhasil meraih medali di ajang MTQ Nasional XL Tingkat Sumatera Barat yang di gelar di Kabupaten Solok Selatan. Hal itu disampaikan Pj. Walikota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, saat melepas kafilah Padang Panjang di Panggung Satelit Mifan Waterpark, Senin (11/12).

Sonny, menyebutkan bonus diberikan untuk memberi motivasi agar kafilah tetap bersemangat dan fokus untuk mengikuti lomba tilawatil qur’an di Solok Selatan.

“Karena perjalanan ke Solok Selatan cukup jauh dan melelahkan, manfaatkanlah untuk beristirahat dalam kendaraan selama dalam perjalanan, jangan menyibukan diri dengan bermain hp, karena itu sangat berpengaruh bagi kafilah,” kata Sonny.

Dia berharap pendamping dan official untuk selalu memantau dan mengontrol kebutuhan kafilah, jangan sampai ada keluhan karena hal ini juga dapat mempengaruhi kafilah dan mengganggu konsentrasi kafilah.

“Perhatikan dan kontrol kebutuhan sarana dan prasarana kafilah, jangan sampai ada yang mengganggu konsentrasi mereka dan para kafilah harus fokus jangan memikirkan hal hal yang akan mengganggu konsentrasi, fokus dan persiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti lomba, Insya Allah akan ada bonus bagi yang meraih medali,” kata dia.

Sebelumnya pada MTQ Nasional XXXIX, Kota Padang Panjang menjadi tuan rumah dan penyelenggara yang cukup sukses waktu itu, sebagai peserta, kafilah Padang Panjang mampu mencatatkan diri berada pada posisi peringkat 7 Sumatera Barat.

“Dulu pada MTQ sebelumnya kita berada pada peringkat 7, pada MTQ XL kali ini, minimal kita bisa mempertahankan diri di peringkat 7. Namun kita berharap lebih baik dari ini. Semoga apa yang kita persiapkan membuahkan hasil," harap dia.

Menurut Sonny, keberangkatan kafilah ini, tertumpang harapan dan keinginan masyarakat Padang Panjang, berikanlah yang terbaik untuk Kota Padang Panjang.

"Tampak wajah-wajah yang akan berangkat ini penuh semangat dan berseri. Mari kita berangkat dengan optimisme yang tinggi. Dengan persiapan yang matang, niat yang baik dan tulus, mudah-mudahan kita bisa mendapatkan prestasi, jaga kondisi kesehatan sehingga nanti saat kegiatan para peserta siap dan bugar untuk mengikutinya," kata dia.

Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Erwina Agreni, M.Si, mengatakan sedianya kafilah Padang Panjang berjumlah 128 orang, namun 2 orang menyatakan mengundurkan diri, 126 rombongan kontingen Padang Panjang tersebut sudah termasuk pelatih, pendamping dan official.

"Menurut jadwal, kedatangan kafilah Padang Panjang di Solok Selatan merupakan kedatangan terakhir dengan jadwal registrasi pada pukul 17.00-18.30 WIB. Pada 12 Desember pagi akan dilaksanakan Pawai Ta'aruf yang diikuti utusan kabupaten/ kota masing-masing diwakili enam orang. Kita harap kafilah kita bisa mencapai prestasi yang lebih baik lagi dari MTQ-MTQ sebelumnya," harap Reni.

Sementara itu, pembukaan MTQ XL akan dilaksanakan (12/12) malam, pada pukul 19.30 WIB. Defile kafilah diikuti 20 orang perwakilan dari masing-masing kabupaten/ kota. Sedangkan penutupan dijadwalkan pada 17 Desember siang, pukul 13.00 WIB.